SIANTAR - Lapas Kelas IIA Pematang Siantar merayakan puncak Peringatan HUT pas ke -59 di Lapangan Lapas yang berada di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Rabu (3/5/2023). Selain itu, Lapas juga melaksanakan acara syukuran, Halal Bihalal serta Purnabhakti. Bahkan sebelum acara puncak, pihak Lapas telah melakukan serangkaian kegiatan seperti Pekan Olahraga WBP Dan Petugas, One Day One Prison’s Produck, Pemasyarakatan Bersih-bersih, Seminar Pemasyarakatan Safari Ramadan. 
 
Kemudian Ziarah Tabur Bunga Di Makam Pahlawan, Lomba MTQ Warga Binaan, Touring Pemasyarakatan Peduli, Razia Gabungan Bersama Penegak Hukum TNI, POLRI, Dan BNN, Dan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59. 
 
"Diharapkan acara syukuran serta Halalbihal ini dapat memper-erat rasa kekeluargaan kita, sekaligus menjaga rasa silahturahmi dengan para Purnabhakti. Kami sangat mengapresiasi kinerja kita semua serta berharap Hari Bhakti pemasyarakatan ini dapat menjadi penyemangat bagi kita di usia pemasyarakatan yang tidak muda lagi ini. Kita juga tetap harus mempertahankan sekaligus meninggkatkan kualitas kinerja kita," ucap Kalapas M Pitra Jaya Saragih. 
 
Pitra juga mengatakan purnabhakti merupakan bagian dari keluarga besar pemasyarakatan meskipun telah selesai menuaikan masa bhaktinya. 
 
Disela-sela kegiatan itu, Kalapas memerintahkan, KPLP Raymond untuk fokus dalam mengidentifikasi kerawanan, senantiasa waspada, dan melaporkan perkembangan situasi secara berkala kepada pimpinan guna menciptkan situasi yang aman dan mencegah terjadinya gangguan kamtib disaat rangkaian acara dilaksanakan.