TOBA - Semarak dan meriahnya perayaan hari raya Idul Fitri di tahun 2023 ini salah satunya dengan kehadiran yang menjamurnya para pedagang dengan berbagai jenis dagangan yang dijajakan di sepanjang jalan dan terminal.hal ini menjadi salah satu penyebab memperlambat arus kendaraan pemudik yang hendak kembali ke tempat asalnya.
Seperti di Pasar Tumpah Porsea Kecamatan Porsea Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Rabu (27/04/2023) di H +5 arus mudik Lebaran dengan tumpahnya para pedagang dan pembeli menjadi salah satu penyebab terjadi terjadinya kemacetan namun tidak membuat berhenti total dan terpantau tetap terurai mulus dengan baik.

Tampak dalam antiran arus lalu lintas semua pemudik baik penghina kendaraan pribadi roda empat maupun kemdaraan roda dua tetap bersabar saat melintasi jalur Janlinsum kota Porsea. hal ini dikarenakan banyaknya mobil angkot pedesaan, travel, mobil pribadi yang parkir di badan jalan.

Dilapangan IPDA.I.Manik dari Pos PAM Porsea melalui pengeras suara selalu memberikan himbauan kepada seluruh pemudik dan pengguna jalan lainnya yang melintasi Pasar Tumpah Porsea untuk selalu waspada dan berhari hati.kepada seluruh petugas terus di ingatkan supaya pro aktif memantau fan mengatur arus lalu lintas dan jangan sampai terjadi kemacetan total

Di H +5 Arus balik mudik lebaran hari raya Idul Fitri tampak volume kendaraan pemudik terpantau padat dan ramai namun tetap lancar disaat semua pemudik melintas disepanjang jalur lintasan Janlinsum Kab Toba jajaran wilayah Hukum Polres Toba.semua pemudik kembali ke tempat asal mereka masing masing" tutur Iptu I Manik Padal Pos PAM Porsea.

Kapolres Toba melalui Kasie Humas AKP.Bungaran Samosir dalam penuturannya kepada www.gosumut.com menyebutkan, di arus balik lebaran idul Fitri ini raya rata para pemudik yang melintas berasal dari luar Kabupaten Toba seperti Medan, Pematang Siantar hingga Kabupaten Asahan dan beberapa warga Kabupaten tersebut Angga lainnya.

Padatnya volume kendaraan arus balik mudik lebaran di H +5 (Rabu, 26/04/2023) mengingat pada hari ini adalah hari terakhir libur bersama di perayaan hari Raya idul Fitri 1 Syawal 1444 H.oleh karenanya seluruh pegawai dan karyawan swasta mulai besok Kamis, (27/04/2023) semuanya sudah mulai masuk aktif kerja seperti sedia kala.

Disampaikan Bungaran, "Seluruh personil yang bertugas yang tergabung di dalam Operasi Ketupat Toba 2023 Polres Toba, tetap konsisten dan aktif bekerja sama baik dengan personil Dishub Toba dan TNI serta jajaran instansi lainnya untuk memberikan pelayanan kemanan demi terciptanya kenyaman bagi masyarakat luas dalam merayakan Idul Fitri serta berbagai kegiatan amsyarakat lainnya.seluruh petugas tetap berupaya memininisir terjadinya arus kemacetan,".jelasnya.

Dengan kondisi pasar Tumpah Porsea dimana hari ini Rabu, (26/04/2023) adalah hari pekan yang terjadi hanya satu kali dalam sepekan bagi seluruh warga Porsea dan warga beberapa kecamatan tetangga,terpantau di sepanjang Jalan kota Porsea tampak seluruh petugas dilapangan dari Kepolisian Polres Toba, Dishub Toba, Satpol PP Pemkab Toba dan lersonil Koramil 13/Porsea bergerak aktif dan cepat melakukan pengaturan dan pengamanan arus lalu lintas.

Walaupun banyak yang melakukan arus balik mudik namun terpantau masih ada beberapa kendaraan roda Dua dan Empat yang masih memasuki Kabupaten Toba untuk melakukan perjalanan wisata ke berbagai kawasan wisata di Kab.Toba.

Selama Gatur Lalin di gelar mulai dari pagi hingga sore hari kemacetan panjang yang terjadi di Pasar Tumpah Porsea tak bertahan lama bisabcepat terurai. karena petugas gabungan dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP tetap pro aktif melakukan pengaturan Lalu lintas.

Oleh karena itu, kami tetap menghimbau kepada seluruh pemudik yang akan melakukan perjalanan pulang ke tempat asalnya untuk selalu berhati hati dan waspada, selalu tetap jaga kesehatan dan kecepatan kendaraan serta periksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan serta jaga kondisi kesehatan fisik saat mengemudikan kendaraan.tandas Bungaran.