PALAS - Sekda Kabupaten Padanglawas (Palas) bersama masyarakat melaksanakan sholat Idul Fitri 1444 Hijriah di lapangan Merdeka Sihuhuan, Sabtu (22/4/2023).
Ribuan jamaah tumpah ruah di lokasi kegiatan Salat Ied bahkan sampai ke halaman Puskesmas Sibuhuan hingga SDN 02 Sibuhuan yang berada di belakang lapangan Merdeka Sibuhuan.

Sebelum pelaksanaan Shalat Ied, Sekda Arpan Nasution S.Sos mewakili Plt. Bupati Padanglawas, drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si. MH menyampaikan sambutannya di hadapan jamaah Salat Ied.

"Momentum Hari Raya Idul Fitri 1444 H merupakan wujud kemenangan setelah satu bulan berperang melawan hawa dan nafsu, lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari," katanya.

Kata Arpan Nasution, alhamdulillah hari ini merupakan rangkaian ibadah sepanjang bulan ramadhan hingga pelaksanaan Salat Ied.

"Kita berkeyakinan apa yang telah dikerjakan sebagai bentuk aktualisasi ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan sekaligus media untuk meningkatkan kualitas diri," ucapnya.

"Semoga kita semua yang telah selesai melaksankan puasa selama sebulan penuh dan Salat Ied mendapat rahmat dan kemuliaan dari Allah SWT," imbuh Arpan.

Selanjutnya di kesempatan yang penuh berkah ini, ia mengajak seluruh masyarakat agar tetap menjaga ketertiban dan keamanan khususnya di lingkungan masing masing dan umumnya di Kabupaten Palas.

Diharapkan, masyarakat turut andil dalam memperkuat sinergitas demi terwujudnya harmonisasi di Kabupaten Palas sebagai modal sosial yang sangat penting dalam membangun daerah yang sangat kita cintai ini.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI -Polri beserta unsur aparat keamanan lainnya yang telah menciptakan suasana yang aman, nyaman serta kondusif selama bulan suci ramadhan," tambahnya.

Dengan begitu, lanjutnya, umat islam khususnya di Kabupaten Palas dapat melaksanakan rangkaian ibadah selama bulan puasa dengan khusyuk.

Di akhir sambutannya, atas nama pemerintah dan pribadi mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Minal Aidzin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin.

"Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan melimpahkan rahmat dan ridhonya kepada kita semua dalam membangun Kabupaten Palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya)," tutupnya.

Pelaksanaan Salat Ied 1444 H /2023 di lapangan Merdeka Sibuhuan, bertindak sebagai Imam, Al mukkarrom Drs. Sulaiman Hasibuan dan Khatib, Sayrif Hadi Lubis.