TOBA - H-1 mudik Lebaran Hari Raya idul Fitri 1 Syawal 1444 H Tahun 2023Kepadatan arus mudik di jalur lalu lintas wilayah Hukum Polres Toba Kabupaten Toba tampak sudah mulai dari pagi hingga siang dan sore hari tadi Jumat, (21/04/2023) mulai memadat.

Untuk mengantisipasi kemacetan Sejumlah personil Polres Toba dan petugas lainnya yang tergabung dan Operasi Ketupat Toba 2023 telah bersiap untuk melakukan sejumlah rekayasa dan pengalihan arus lalu lintas telah diprogramkam dan dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan dari luar kota.

Secara khusus pengalihan dan rekayasa Lalu Lintas di jalur nasional BaligeBypass Tambunan dan Bypass Longat Balige.

Terpantau di lapangan mulai dari Jalinsum perbatasan Kab.Taput - Toba hingga Kab.Simalungun - Toba kepadatan volume kendaraan sudah mulai ramai dan memanjang.


Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K melalui melalui Kasie Humas AKP.Bungaran Samosir dalam penuturannya kepada gosumu.com menyebutkan, kepadatan volume kendaraan dari berbagai jenis dan tipe di jalur Lalu Lintas Jalinsum (Jalan Negara Lintas Sumatera) di H-1 jelang hari raya idul Fitri 1 Syawal 1444 H ( Minggu, 22/04/2023) dikarenakan Kabupaten Toba merupakan ruas Jalan Negara Lintas Sumatera menuju ke Kabupaten tetangga lain.

Dijelaskannya, namun arus lalu lintas tsyap terpantau masih aman dan lancar dan tidak ada kemacetan yang menjadi penghalang bagi para pemudik untuk mengejar waktu tiba di daerah tujuan persiapan malam takbiran lebaran Sabtu malam, (21/04/2023).seluruh personil Kepolisian yang bertugas bersama Dishub Toba dan Intansi Forkopimda Kab Toba Toba lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan operasi Ketupat Toba 2023 tetap pro aktif melakukan penjagaan, pengawasan dan pengaturan arus lalu lintas.terangnya.

Untuk Padal Pos Pelayanan Balige Bypass Tambunan di komando Ipda.Jefriadi Silaban,S.H, MH saat dimintai media konfirmasinya menyebutkan, di H-1 Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 H tahun 2023 (Jumat, 21/04/2023) untuk pengaturan lalu lintas di sepanjang Jalinsum khususnya di Jln.Balige Bypass Tambunan mengalami adanya peningkatan volume kendaraan pada hari ini mulai ramai.sebutnya.

Isampaikan, Jefriadi Silaban, kita tetap mengimbau kepada seluruh warga pemudik supaya tetap lebih berhati-hati, karena arus lalu lintas sudah mulai padat serta jangan ugal ugalan apalagi jangan mengkonsumsi obat obat terlarang saat mengemudi demikian juga Minuman keras.

Lebih lanjut, Jefriadi mengingatkan seluruh pemudik khususnya pengemudi kendaraan baik pribadi dan angkutan Bus dan mini bus untuk selalu waspada dan berhati-hati saat melintasi kawasan yang ada tanda rambu rawan kecelakaan disepanjang Janlinsum Kabupaten Toba.

"Semua pengendara supaya memastikan kondisi kesehatan fisiknya masing masing dan memastikan kendaraannya kondisi layak pakai dan semua kondisi fisik ke daratan stabil dan benar benar sehat.jangan membawa beban muatan yang berlebihan, bila merasa lelah silahkan beristirahat dis etiap Posko yang telah dipersiapkan atau istirahat di beberapa Restoran Ruang makan yang ada di sepanjang Janlinsum Kab.Toba maupun di Kota kita yang dilewati serta jangan lupa agar tetap mematuhi peraturan tata tertib berlalu Lintas demi kesehatan dan keselamatan bersama sampai dintujuan demikian halnya disaat balik nantinya," tandasnya.