PALAS - Rangkaian kegiatan safari Ramadan Pemkab Padanglawas (Palas) berakhir di Kecamatan Sosa Julu yang diketui Kaban BPBD Kabupaten Padanglawas,H Amit Hadi Nasution didampingi unsur Forkopimda. Memasuki hari ke enam kunjungan kegiatan safari Ramadan secara resmi telah berakhir dengan kunjungan serentak di enam Kecamatan meliputi Kecamatan Ulu Barumun, Barumun Baru, Barumun,Barumun Selatan,Ulu Sosa dan terakhir Kecamatan Sosa Julu.
 
 
Plt Bupati Padanglawas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M,Si,MH melalui Kaban BPBD Palas, Amit Hadi Nasution menyampaikan, secara serentak kegiatan safari Ramadan Pemkab Palas 1444 H di tutup secara resmi di  enam kecamatan yang di kunjungi tim safari ramadhan pemerintah daerah.
 
Kata Amit, dengan berakhirnya kegiatan safari Ramadan ini, Plt Bupati berpesan kepada elemen masyarakat untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban dan ketenangan guna memberikan kekondusifan bersama.
 
Ditambahkannya, perayaan hari raya  Idul Fitri 1444 H sudah diambang pintu, tentu 
 
akan memicu peningkatan aktivitas warga sshingga perlu membangun sinergitas bersama untuk menjaga kekondusifan daerah.
 
"Salah satunya yang sudah menjadi tradisi lebaran Idul Fitri  adalah mudik ke kampung halaman dan bepergian ke suatu tempat,"terang Amit Hadi Nasution mengutip sambutan Plt Bupati Palas, Jumat (14/4/2023).
 
Ia juga berpesan, masyarakat  yang mudik baik menggunakan angkutan transportasi umum dan mobil pribadi agar tetap berhati hati dalam perjalanan menuju kampung halaman yang dituju oleh pemudik.
 
Amit Hadi juga mengingatkan,untuk menjaga keselamatan, kenyaman pemudik dan yang akan bepergian dengan angkutan transportasi umum supaya membawa barang seperlunya saja dan tidak memakai perhiasan yang mencolok dan berlebihan karena tindak kejahatan seperti copet, hipnotis, perampasan dan kejahatan lainnya di kenderaan umum atau terminal akan meningkat.
 
Sebaliknya, kata dia bagi masyarakat yang mudik menggunakan mobil pribadi agar  mematuhi rambu-rambu lalu lintas, menjaga laju kendaraan dan beristirahat bila memang mengantuk di rest area yang sudah ditentukan atau di tempat yang ramai.
 
 
"Bagi pemudik yang akan menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan membawa anak dan istri sebaiknya tidak menggunakan kenderaan roda dua. Demi keselamatan alangkah baiknya menggunakan kenderaan umum," harapnya.
 
Tidak kalah penting,lanjutnya  agar memastikan rumah yang akan tinggalkan dalam keadaan aman guna mengatisipasi berbagai kemungkinan yang dapat menimbulkan kerugian dan lainnya.
 
"Rumah yang akan ditinggal beberapa hari sebaiknya ada yang menjaga kalaupun tidak ada, pastikan rumah terkunci dengan benar, kompor dalam keadaan mati, mencabut colokan listrik dan elektronik yang tidak dipakai dan lampu luar rumah hidup di malam hari, pesannya.
 
Disamping usaha, berdoa merupakan hal yang tidak kalah penting. Mudah mudahan Allah senatiasa menjaga, memberikan keselamatan dan kemudahan dalam setiap urusan kita, imbuhnya.
 
Kemudian, pesannya kepada warga yang akan menyambut suka ria lebaran dirumah bersama keluarga agar mempersiapkan segala sesuatunya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sehingga lebaran tahun ini akan semakin bermakna.
 
 
Dikesempatan ini juga, kata Amit Hadi mengajak, seluruh elemen masyarakat berkolaborasi mendukung Polri  untuk mensukseskan pelaksanaan arus mudik dan arus balik pemudik lebaran.
 
" Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H," tandasnya.
 
Diakhir kegiatan safari Ramadan Pemkab Palas di Kecamatan Sosa Julu dirangkai dengan penyerahan bantuan ambal sajadah kepada pengurus masjid dan pemberian bantuan sosiak kepada ratusan anak yatim di wilayah kecamatan tersebut.