LANGKAT - Puluhan ibu rumah tangga (IRT) di Kecamatan Secanggang, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan 3 in 1 Angkatan 18 Tahun 2023. Operator Produksi Olahan Makanan. Kegiatan yang digelar 5 - 17 April ini merupakan kerjasama Balai Diklat Industri Medan dengan Komisi VII DPR RI dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Langkat. 

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Langkat Sukhyar Muliamin, Jumat (7/4/2023) mengatakan, kegiatan ini sangat bagus dapat meningkatkan pengetahuan para peserta ibu rumah tangga. Sehingga bisa menambah penghasilan ekonomi rumah tangga.

"Bagi ibu-ibu yang sudah memiliki kelompok usaha boleh dilaporkan ke Disperindag, mana tahu ada kendala yang ibu temui seperti masalah pemasaran atau pengetahuan kami bisa bantu berikan solusi," ujarnya.

Sukhyar Muliamin juga menjelaskan saat ini Pemkab Langkat masih fokus dan berbenah memajukan sektor pariwisata. Tentunya usaha industri rumahan maupun kelompok dapat berkontribusi menyediakan kuliner lokal yang dapat menarik para pengunjung untuk berbelanja di tempat wisata.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Langkat juga mendorong produksi kain songket Langkat yang banyak diminati. Namun sayangnya pembuat kain songket ini terbatas di dominasi ibu rumah tangga yang sudah tua.  Sehingga produksi tidak maksimal.

"Peminat kain songket banyak tapi sayangnya generasi ibu-ibu yang menenun terbilang tidak ada. Makanya kalau ada ibu-ibu disini yang berminat belajar menenun, kami akan siapkan pelatihnya," kata Muliamin

Sementara kepala Desa Karang Gading, Bahrul menyampaikan ucapan terima kasih atas digelarnya kegiatan ini.

Karena hal ini sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga yang bisa membantu perekonomian keluarga dengan membangun usaha baik itu kuliner maupun usaha lainnya. 

"Di Kecamatan Secanggang ini potensi sumber daya alam terkait bahan baku untuk lokal masih banyak.

Butuh teknik  mengelolanya sehingga dapat menghasilkan uang, terima kasih kepada Disperindag Kabupaten Langkat atas dukungan dan perhatiannya kepada warga kami semoga dengan kegiatan semacam ini perekonomian warga kami dapat lebih baik," ujar Bahrul.

Kegiatan ini diikuti ibu rumah tangga dari sejumlah desa di Kecamatan Secanggang dan Kecamatan Gebang.