PALAS - Di bulan suci Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H, PT.Permata Hijau Indonesia (PHI) Unit Hutalombang, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar pasar murah minyak gireng (Migor). Kegiatan ini dalam rangka membantu masyarakat berpenghasilan rendah dan kurang mampu yang berada di sekitar lokasi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri.
 
Kegiatan pasar murah migor dilaksanakan di dua titik lokasi berbeda yaitu di  Desa Hutalombang, Sabtu (8/4/2023) di depan pintu gerbang PKS PT PHI Unit Hutalombang dan Desa Surodingin pada  Senin (10/3/2023).
 
Manager PT.Permata Hijau Indonesia (PHI) Unit Hutalombang, Ramius S.T didampingi Humasy Anwar Saleh Harahap S.H dan KDP Rolan Arifin serta Panitia Pelaksana mengatakan, tujuan pasar murah migor ini untuk membantu masyarakat mendapatkan minyak goreng sekaligus meringankan beban ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 sebagai bukti kepedulian perusahaan juga mempererat jalinan silaturahmi dengan masyarakat.
 
"Di bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri ini, tentu kebutuhan minyak goreng semakin meningkat. Maka perusahaan hadir memberikan solusi ke masyarakat dengan harga terjangkau," kata Ramius dan Anwar Saleh Harahap.
 
Dikatakan, harga migor dalam bentuk kemasan saset dengan harga Rp 12.000 perliter lebih murah dari harga di pasaran yang saat ini Rp 16.000- 18.000 per pouch saat ini.
 
"Perbandingan harga dengan minyak goreng dipasaran lebih murah sekitar Rp 4000-6000 per pouch atau  liternya,"terang Humasy PT PHI Unit Hutalombang, Sabtu (8/4/2023).
 
Kata Anwar, untuk alokasi migor di kegiatan pasar murah dialokasikan 3.900 pouch atau bungkus untuk dua lokasi kegiatan pasar murah tersebut.
 
Kegiatan pasar murah migor, kata Anwar Saleh, secara rutin setiap tahun dilaksanakan perusahaan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menyentuh kepedulian di masyarakat.
 
"Ratusan masyarakat yang menyerbu pasar murah migor yang digelar perusahaan dengan harga terjangkau, hanya diperbolehkan membeli 2 liter per orang dengan tujuan agar semua warga kebagian migor murah Ramadan," tambahnya. 
 
Pihak perusahaan mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak khusus Pemkab Palas, Kecamatan dan Desa yang telah mendukung kegiatan pasar murah migor ramadhan ini, tutupnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Marza Jennova.MM diwakili Kabid Perdagangan, Haidir Siregar S.Sos di dampingi Penera Ahli, B.A Syafaruddin Siregar S.Si, M.Pd mengapresiasi kegiatan paras murah migor yang digelar pihak perusahaan PT PHI Unit Hutalombang.
 
"Melalui pasar murah ini bermanfaat membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapat migor dengan harga terjangkau sekaligus menstabilkan harga migor di Kabupaten Palas," kata Haidir Siregar.
 
Menurut Haidir, kegiatan pasar murah yang dilaksanakan perusahaan PT Permata Hijau Indonesia (PHI) secara rutin dan aktif setiap tahunnya di bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri sebagai bentuk kegiatan sosial peduli masyarakat.
 
Ia berharap, sinergitas antar perusahaan dengan pemerintah yang telah terjalin dengan baik terus dapat ditingkatkan untuk membantu masyarakat.
 
Senada dengan itu, Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap  diwakili stafnya Abdul Halim Ganda Satria di dampingi Kepala Desa Hutalombang, Edi Suwito S.T mengucapkan, terima kasih kepada PT PHI untuk kegiatan pasar murah migor yang cukup bermanfaat membantu masyarakat.
 
"Pasar murah ini menjadi solusi dalam membantu kebutuhan masyarakat untuk mendapat migor dengan harga terjangkau.Hal ini tidak terlepas peran perusahaan yang selalu tanggap dan peduli dengan masyarakat,semoga perusahaan semakin sukses dan maju," imbuhnya.
 
Tampak juga Hadir dikegiatan pasar murah migor PT PHI Unit Hutalombang, Kapolsek Barumun, AKP Miptahuddin.SE diwakili Bhabinkamtibmas Polsek Barumun, Zulkiflu Hasibuan dan Babinsa serta unsur Forkopincam Lubuk Barumun.