MEDAN - Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil membawa pulang dua juara, dari ajang Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) tahun 2023, yang berlangsung tanggal 3 Maret sampai 3 April 2023.

MTQMN tersebut diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dalam rangka Dies Natalis kampus itu yang Ke-59, sekaligus memeriahkan momentum bulan Ramadhan 1444 H.

Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan USK, Dr. Ir. Rahmat Fadhil, STP, M.Sc mengatakan, hasil yang diperoleh USK pada MTQMN UNY yaitu Juara II cabang Musabaqah Tilawatil Quran Putri atas nama Fathiyyah Arafah Afsya dari Fakultas Kedokteran, dan Juara II Musabaqah Debat Bahasa Inggris Kandungan Al-Qur'an atas nama Imam Akbar Al Khalis (best speaker 1) dari Fakultas Teknik dan Annisa' Fitri (best speaker 2) dari Fakultas Hukum.

"USK mengirimkan sebanyak 37 orang peserta dari berbagai fakultas dalam lingkungan USK dan mengikuti sebanyak 10 cabang dari 12 kategori yang diperlombakan. Alhamdulillah mahasiswa kita sudah tampil maksimal," katanya lewat siaran pers, Rabu (5/4/2023).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc di tempat terpisah mengapresiasi kerja keras kontingen USK, yang telah tampil sangat baik.

"Saya mengucapkan selamat kepada mereka yang telah menang, serta bagi yang belum berhasil mendapatkan juara tidak perlu berkecil hati,” ucap Prof Mustanir.

"Asahlah kemampuan dan kompetensi adik-adik sekalian untuk berbagai kompetisi yang saat ini sangat banyak difasilitasi oleh berbagai kampus dan Kemdikbudristek, sehingga kesempatan untuk meraih kemenangan Insya Allah akan semakin terbuka lebar," pesanya.

Untuk diketahui, MTQMN UNY merupakan event kompetisi yang rutin diselenggarakan sebagai salah satu agenda pembinaan talenta dan potensi mahasiswa, dalam bidang ilmu keagamaan Islam. Seluruh proses pelaksanaan kegiatan, mulai dari tahapan pendaftaran, rapat teknikal dan perlombaan dilakukan secara online panitia penyelenggara.*