Padang Sidempuan - Wakil Wali Kota Padang Sidempuan Arwin Siregar hadiri rapat koordinasi percepatan penurunan stunting di Padang Sidempuan yang diselenggarakan di Mapolres Kota Padang Sidempuan, pada Jum'at, 31 Maret 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Arwin Siregar menyampaikan bahwa tetap memperhatikan indikator-indikator gizi kronis dan infeksi berulang yang berpengaruh pada pertumbuhan anak.

"Hal ini ditandai dengan panjang dan pendek tinggi badan. Khusus Kota Padang Sidempuan sudah memenuhi Standart Daerah," sebut Arwin Siregar.

Maka dari itu, diharapkan Arwin Siregar, agar tetap dipertahankan dan selalu bersinergitas, berkordinasi semua, dari unsur paling atas hingga paling bawah berjalan dengan lengkap.

"Arti kata, mulai dari kelurahan hingga seterusnya, melaporkan perkembangan perkembangan agar tidak terlambat," ucap Arwin Siregar.

Arwin Siregar juga meminta kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), mampu secara signifikan menekan prevalensi stunting yang ada di Kota Padang Sidempuan.

“Terkait hal ini, saya meminta intervensi stunting tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, tetapi dilaksanakan secara bersama-sama," harap Arwin Siregar.

Karena, lanjut dikatakan Arwin Siregar, tingkat keberhasilan program ini sangat mempengaruhi sektor non kesehatan. Dalam hal ini juga perubahan perilaku masyarakat.

“Saya harapkan kepada kita semua, bersama stakeholder untuk melakukan inovasi-inovasi agar upaya pemenuhan gizi masyarakat terutama bagi mereka yang rentan stunting, seperti Ibu hamil, Anak balita dan Gizi bisa terpenuhi," harap Arwin Siregar.

Dan untuk sistem pelaporan dari perangkat daerah, Arwin Siregar berharap, supaya disampaikan tepat waktu, demi kelancaran pekerjaan percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan secara holistik, integratif dan berkualitas yang mencakup intervensi spesifik dan intervensi sensitif yang dilakukan secara konvergen melalui kerjasama multisektor.***