PALAS -Ratusan Kepala Sekolah SD dan SMP mengikuti program sekolah penggerak yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Padanglawas, di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan.
 
"Kegiatan sosialisaai program sekolah penggerak dalam rangka memberikan pemahaman tentang program sekolah penggerak," kata Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Hj Rosida Wati Suriani, S.Pd melalui Sekretaris, M.Syahdin Daulay, S.Pd, MM di dampingi Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Ahmad Damhuri.SE, Selasa (14/3/2023).

Dikatakan, peserta sosialisasi sekolah penggerak sebanyak 100 orang terdiri dari 85 Kepala Sekolah SD dan 15 Kepala Sekolah SMP se Palas.

Kata Syahdin, program sekolah penggerak bertujuan untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

“Proses transformasi satuan pendidikan tersebut diawali dengan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul," terangnya.

Mulai dari Kepala Sekolah dan guru, katanya, memiliki peran penting dalam upaya menciptakan SDM yang unggul.

Untuk kegiatan ini,lanjut Syahdin untuk kegiatan ini, pihaknya mengandeng kerjasama dengan Balai Besar Guru Penggerak(BBGP) Provinsi Sumut mengirimkan narasumber yang berkompeten yaitu Irwan TB, S.Pd. M.Pd dan Yuliana, S.Pd, M.AP yang memberikan materi.

"Para kepala sekolah dengan antusias mengikuti program sekolah penggerak agar lolos seleksi untuk calon pelaksana sekolah penggerak," ungkapnya.

Ia berharap, seluruh peserta dapat mengikuti semua tahapan karena bermanfaat bagi sekolah untuk lolos seleksi sekolah penggerak di Kabupaten Palas.

Syahdin optimis, melalui sekolah penggerak ini akan dapat meningkatkan mutu kualitas pendidikan dan melahirkan guru yang profesional dan berkarakter.

Dengan begitu, diharapkan sekolah penggerak ini nantinya dapat menjadi barometer sebagai penggerak kemajuan pendidikan yang menciptakan peserta didik unggul dan berkualitas sehingga sejalan dengan visi misi Kabupaten Palas mewujudkan Kabupaten yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya).