PADANG SIDEMPUAN - Dinas Ketenagakerjaan Kota Padang Sidempuan mengelar pelatihan keterampilan Tata Boga dan Jurusan Bordir bagi pencari kerja di Balai Latihan Kerja, Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru, pada Selasa, 14 Maret 2023.

 
Peserta pelatihan keterampilan inipun, berasal dari beberapa kelurahan yang ada di Kota Padang Sidempuan.

Dengan jumlah peserta pelatihan, 12 orang berasal dari Kelurahan Kantin, 12 orang berasal dari Kelurahan Huta Padang dan 12 orang mengikuti jurusan bordir yang merupakan masyarakat kota Padang Sidempuan.

Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Risman KH Harahap berharap sesuai prosedur dilaksanakannya pelatihan tata boga dan bordir yang ditampung di DPA.

Sesuai dengan visi-misi BERSINAR, dikatakan Risman KH Harahap, untuk mengurangi tingkat penggangguran maka Disnaker melaksanakan kegiatan pelatihan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam mencari kerja di Kota Padang Sidempuan.

"Melalui Disnaker kita melakukan pelatihan untuk pencari kerja adalah angkatan di usia 15 tahun keatas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal," ujar Risman KH Harahap.

Harapannya, dikatakan Risman KH Harahap, setelah kita latih ilmunya digunakan untuk menopangnya dan bisa membuka usaha baru.

Selanjutnya, pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Padang Sidempuan yang diwakili oleh Kabid Pelatihan Produktifitas dan Penempatan Tenaga Kerja, Rosmilawaty Siregar menyampaikan bahwa Disnaker menyediakan kesempatan bagi peserta untuk mengikuti program pelatihan dan bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuan terkait pelatihan tersebut.

‘’Jadikan komitmen untuk para peserta agar kedepannya dari pelatihan ini bisa menjadi bekal dari membuka usaha," ucap Rosmilawaty Siregar.

Rosmilawaty Siregar juga berharap agar peserta bisa fokus dalam mempelajari apa yang disampaikan instruktur nantinya selama 8 jam.

Untuk diketahui, Disnaker di tahun 2023 mempunyai 21 paket pelatihan yang akan dilaksanakan seperti menjahit ada 5 paket, tata rias 4 paket, bordir sulam 2 paket, tata boga 8 paket dan eletronik 2 paket.***