TOBA –  Sebanyak 150 Kepala Keluarga (KK) di Desa Simpang Sigura-sigura, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba menerima bantuan 940 kg benih padi ier jenis Mikonga dari PT.TPL,Tbk. Bantuan yang diberikan ini nantinya dibagikan kepada masing-masing petani sebanyak 6 kg untuk ditanam pada lahan persawahan seluas 3 rante sawah milik warga.
 
Untuk pola tanam dipembagian bibit padi ini sebelumnya telah disosialisasikan Management PT.TPL,Tbk dengan program sistem pertanaman padi jajar legowo kepada masyarakat petani dari sejak 2020 hingga 2023 saat ini.
 
Hema Butar-butar didampingi Maria Pasaribu Community Development (CD) Officer PT.TPL,Tbk, Kamis (9/3/2023) menyebutkan, tujuan utama dari sistim pola bertanam padi dengan sistem jajar legowo untuk lebih meningkatkan populasi pertumbuhan tanaman padi untuk mencapai hasil lebih baik dari sistim pola tanam lama yang sering dilakukan setiap musim tanam padi. Sistim pola tanam jajar legowo ini lebih memudahkan warga petani dalam melakukan monitoring dan perawatannya.
 
Menurutnya, dukungan bantuan yang diberikan TPL berupa bibit padi unggul merupakan salah satu bukti dan dukungan kepedulian perusahaan akan pertumbuhan dan peningkatan perekonomian masyarakat petani secara khusus sekitaran kawasan wilayah berdiri dan beropersinya.
 
"Melalui program yang sudah 2 tahun dilaksanakan ini, perusahaan sangat berharapan masyarakat petani akan lebih berkembang dengan melanjutkan sistim program pola tanam jajar legowo untuk mendapatkan hasil padi terbaik" ujarnya. 
 
Hema menyebutkan, program ini setelah dilakukan dari beberapa tahun lalu, pengakuan dari petani yang melaksanakan sistim pola tanam jajar legowo hasilnya lebih memuaskan dibanding sistim pola tanam lama. Karena mampu meningkatkan hasil dan untuk perawatannya lebih memudahkan petani. Oleh karenanya perusahaan tetap akan mendukung guna meningkatkan hasil pertanian padi hingga surplus beras di Kabupaten Toba.
 
Terpisah, Kepala Desa Simpang Siguragura Syawal Manurung mengapresiasi pemberian bantuan kepada warga desanya.
 
"Mewakili masyarakat Desa Simpang Siguragura saya ucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan oleh TPL, baik lewat dukungan bibit padi, pemantauan dan monitoring dengan program jajar legowo ini, masyarakat Simpang Sigura-gura bisa meningkatkan produksi panen dan meningkatkan pertumbuhan ekonominya," tutur Syawal.
 
Samsudin Butarbutar, petani binaan PT.TPL,Tbk munturkan dari awal sosialisasi sistim pola tanam jajar legowo oleh perusahaan PT.TPL,Tbk mencobanya di beberapa lahan persawahan miliknya. 
 
Menurutnya, sistem tanam jajar legowo memberikan hasil produksi tanam padi lebih baik dan meningkat hasilnya dari pada sebelum sebelumnya dengan mengunakan pola tanam lama secara tradisional. 
 
“Harapan kita ke depannya dengan pola sistem tanam ini dengan benih padi unggulan bantuan dukungan serta pendampingan dari TPL, diharapkan hasil panen yang didapat akan lebih meningkat jumlah hasil panennya daripada tahun-tahun sebelumnya. Terima kasih atas perhatian dan dukungan perusahaan kepada petani," pungkasnya.