PALAS - Ratusan Kepala Desa dan perangkat desa Eks Sosa mengikuti pembinaaan dan pengawasan admistrasi penyusunan perencanaan pembangunan desa, Kamis (9/3/2023) di aula kantor Camat Sosa. Kegiatan tersebut dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Palas.
 
"Kepala Desa serta perangkat desa ikuti pembinaan dan pwngawasan sistim rencana pembangunan desa yang mandiri, terarah dan teratur dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Palas, M.Faisal Amrin Siregar.S.AP.MM.
 
Kepala Desa serta perangkat desa yang mengikuti pwmbinaan dari Kecamatan Sosa, Batang Lubu Sutam dan Sosa Julu. Hadir juga Camat Sosa, Asrin Daulay, Camat Batang Lubu Sutam,Daniel Hssibuan dan Camat Sosa Julu,Muliadi Hasibuan.
 
"Kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk penyusunan perencanaan pembangunan desa dan penyelenggaraan administrasi pemerintah desa agar lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.
 
Kegiatan pembinaan dan pengawasan administrasi, kata dia terkait sub fasilitas penyusunan perencanaan pembangunan desa sesuai daftar pelaksanaan anggaran (DPA) tahun 2023.
 
Ia berharap, kepala desa yang baru setelah pasca pelantikan agar segera menyelesaikan RPJM Desa dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa.
 
Dan untuk semua kepala desa,lanjutnya  agar melaksanakan administrasi perencanaan pembangunan desa dengan sebaik-baiknya sesuai ketentuan perundang - undangan yang berlaku.
 
Menanggapi kegiatan pembinaan dan pengawasan tersebut,Camat Sosa Julu, Muliadi Hasibuan mengatakan, kegiatan pembinaan ini cukup bermanfaat untuk efektif penyusunan perencanaan pembangunan desa sehingga kedepan akan lebih baik.
 
"Dengan adanya pembinaan ini tentu rencana pembangunan desa akan lebih terarah dan memberi dampak positif bagi masyarakat dan tertib administrasi desa," katanya.