TOBA -Bertempat dihalaman Mako Toba, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K pimpin Apel Gelar Pasukan operasi Kepolisian kewilayahan "Operasi Keselamatan Toba 2023 Polres Toba" bertemakan "keselamatan berlalulintas yang pertama dan utama".
 

Dalam menjalankan tugas Operasi Keselamatan Toba 2023 tergabung Polri/TNI dan Instansi terkait Pemerintah Kabupaten Toba untuk bekerja sama secara proaktif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tujuan digelarnya Apel gelar pasukan di Opearsi Keselamatan Toba 2023 sebagai bentuk kesiapan personil dan sarana prasarana pebdukung sekaligus menunjukkan kesiapan penyelenggara operasi kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat dapat patuh dan disiplin dalam berlalu lintas dengab harapan angka kecelakaan pelanggaran dapat menurun guna mewujudkan Kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polres Toba, Polda Sumut.

Disampaikan Kapolres Toba untuk sasaran operasi "Keselamatan Toba 2023" pelaksana Opersi harus mampu mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum dan pasca operasi yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran lalu lintas khususnya menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Operasi Keselamatan Toba 2023 digelar selama 14 hari dari tanggal, 08 - 21 Maret 2023 dengan target opearsi para masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum dan pribadi, lokasi rawan macet, pelangagran dan kecelakaan lalu lintas serta kegiatan masyarakat dalam berlalulintas yang dapat mengganggu Kamseltibcarlantas.

Ditegaskan Kapolres, operasi digelar dengan sifat terbuka dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada bidang lalulintas dengan lebih mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif untuk meningkatkan simpatik masyarakat kepada POLRI khususnya Polisi Lalu lintas dengan terciptanya Kamseltibcarlantas di wilayah jajaran Polres Toba, Polda Sumut.

Keberhasilan pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba akan tercapai dengan meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas, menurunnya angka kecelakaan lalu lintas dan menurunnya tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba 2023 di jajaran wilayah Hukum Polres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K menekankan, setiap jajaraan harus melakukan deteksi dini, penyelidikan, pengmanan, pemetaan loaksi rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan.

Lanjutnya sesuai amanah dan perintah pimpinan dalam menjalankan tugas harus memberi pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang disiplin dan tata tertib berlalu lintas baik dalam bentuk kegiatan sosialisasi, pemasangan sepanduk, Banner, Baliho, penyebaran Leafleat, stiker juga melalui media cetak, elektronik dan Medasos serta melaksanakan kegiatan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas lainnya demikian berbagai lokasi wisata dan tempat tempat hiburan.

Ditegaskannya, saat ini masyarakat masih banyak yang belum paham dalam berlalu Lintas,untuk itu kita semua harus turun secara bersama sama lakukan teguran secara humanis dan pengarahan kepada setiap warga pengemudi/pengendara.ingatkan jangan mengunakan posel saat berkendara, jangan berboncengan lebih dari 1 orang saat mengendarai sepeda motor, harus menggunakan helm SNI, setiap pengemudi kendaraan harus mengunakan sabuk pengaman.dilarang mengemudikan kendaraan saat dalam keadaan mabuk serta jangan melawan arus Lalu Lintas juga kendaraan tidak dibenarkan melebihi kecepatan.

Dalam menjalankan tugas ini tujuan utama bisa mengurangi kecelakaan yang fatal.karena banyak sekali kejadian laka lantas di wilayah Polres Toba yang mengakibatkan kematian dan kebanyakan tidak mengunakan helem, dalam hal ini seperti ini sangat penting kita berikan edukasi kepada setiap masyarakat,

Hal ini tentunya bukan hanya tugas kepolisian juga tugas pemkab Toba dalam memberikan edukasi kepda setiap warga masyarakatnya,berikan pengertian kepada masyarakat supaya menggunakan helem serta jangan melawan arus.untuk itu kita harus duduk bersama dalam memecahkan masalah tersebut.

Ditambahkannaya, tidak berapa lama lagi kita akan melaksanakan operasi ketupat dan kegiatan saat ini menjadi langkah awal dalam pelaksanaan operasi keselamatan nantinya, supaya operasi ketupat nanti berjalan lancar.pengakaman di tahun lalu wikayah kita mengalami kemacetan yang panjang sekali.untuk itu saya berharap di operasi ketupat tahun 2023 ini tidak akan ada kemacetan yang panjang dan sangat fatal di wilayah kerja kita ini.

Oleh karena itu saya sangat membutuhkan koordinasi dan kolaborasi diantara kita semua yang terlibat dalam pelaksanaan tugas operasi keselamatan Toba 2023, baik TNI/Polri dan pihak Pemkab Toba untuk secara bersama sama turun ke lapangan menjaga dan membatu warga yang melakukan liburan, mudik dan berbagai kegiatan agama lainnya serta melakukan pengawasan dan pemantauan di berbagai titik titik rawan kemacetan.

Di operasi Lilin tahun 2022 telah banyak kita lakukan solusi dan jalan keluar untuk mengurai berbagai kemacetan, di operasi ketupat nanti kemacetan harus bisa paling lama setengah jam sudah bisa terurai.untuk hal ini bukan hanya tugas Kepolisian tetapi tugas kita bersama para petugas yang ada di Kab.Toba TNI/POLRI, Dinas Perhubungan serta stekholder terkait dijajaran Pemkab Toba secara bersama sama turun untuk mengurai kemacetan.tegas AKBP.Taufiq Hudayat Thayeb,S.H,S.I.K menyampaikan amanahnya.

Sebelumnya disampaikan AKBP.Thayeb, Dalam menjalankan tugas operasi keselamatan Toba 2023 Polda Sumut menurunkan personilny sebanayak 1878 personil diantaranya 150 Personil Satgas Polda Sumut dan 1.828 Personil Satgas Kewilayahan.

Turut serta hadir Bupati Toba Poltak Sitorus, Kepala Kejaksaan Negeri Toba Samosir Samsul,S.H,MH didampingi Kasi Intel Kejari Oloan Sinaga,S.H,.Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf.Kaminton Napitupulu dan jajarannya, Kepala BPBD Kab Toba dr.Pontas Batubara, Kadis Kesehatan dr.Fredi Sibarani Plt.Kadishub Toba Herbin Tampubolon, Plt.Kasat Pol PP Harianto Butarbutar dan jajaran, para Kapolsek dan jajaran PJU Polres Toba.

Usai Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2023 acara dilanjutkan dengan melaksanakan Rapat dan Koordinasi atar sesama Uspida Pemkab Toba yang dipimpin langsung oleh Kapolres Toba AKB.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K di gedung Harungguan Mardemak Mako Polres Toba dihadiri dan di ikuti langsung Bupati Toba Poltak Sitorus dan Kejari Toba didampingi Kasi Intel Kejari Toba Oloan Sinaga,S.H.

Dalam Rakor yang di ikuti oleh seluruh jajaran PJU Polres Toba dan jajaran intansi terkait dari Pemkab Toba membahas konsep kesepahaman dalam menjalankan suksesnya tugas pengamanan selama pelaksanaan operasi keselamatan Toba 2023 hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.