TOBA -Satu unit rumah milik Oberlin Siahaan (50) hangus terbakar dilalap si jago merah di Dusun III Sosor Binanga Desa Lumban Gorat Kecamatan Balige Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (08/03/2023).
 
Peritiwa kebakaran terjadi tepat di pagi hari di saat sedang sibuk-sibuknya memberngkatkan anak sekolah.

Kapolsek Balige Kompol Agus Salim Siagian melalui KSPKT Polsek Balige Aiptu MS Nainggolan saat dikonfirmasi awak media menjelaskan, informasi peristiwa kebakaran diketahui berkat laporan dan informasi dari salah seorang masyarakat setempat yang menyebutkan bahwa telah terjadi kebakaran satu unit rumah di Desa Lumban Gorat Kecamatan Balige Kabupaten Toba.

Mendapati informasi tersebut Polsek Balige langsung menurunkan personilnya untuk melakukan pengamanan dan penertiban disekitaran lokasi TKP (Tempat Kejadian Perkara) kebakaran diantaranya Aiptu MS Nainggolan, Aipda Rukiat Aritonang, Bripka Safawi Harahap dan Bhabinkamtibmas Polsek Balige Bripka M Parhusip.

Didapat informasi, saat peristiwa kebakaran terjadi, pemilik rumah Oberlin Siahaan sedang mengantar anaknya ke Sekolah di Soposurung Balige namun naas saat itu terjadi Kecelakaan.

Sekira pukul 07.20 Wib, Oberlin Siahaan meminta istrinya Lamria br Purba untuk menemani berobat ke Bidan Desa Lumban Gorat dengan Keadaan Rumah Kosong, Mesin Cuci dan Kulkas dalam keadaan tercolok (Arus Hidup).

Setiba di rumah Bidan Desa Lumban Gorat Dusun I, sekira pukul 08.00 WIB, Oberlin Siahaan menerim Telepon dari ibu kandungnya Elseria Simanjuntak dan menyebutkan saat ini rumah miliknya sedang mengalami kebakaran.

Mendapat laporan kejadian kebakaran Kantor DAMKAR Kab Toba langsung menurunkan 3 unit mobil pemadan kebakaran untuk memadamkan api.petuhas Damkar dalam uoaya memadamkan api turut serta dibantu Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP dan warga sekitar.

Dalam peristiwa tersebut disampaikan Kapolsek Balige, Tidak ada menelan korban Jiwa, namun kerugian ditaksir sekitar Rp200.000.000.

Aiptu MS Nainggolan mengimbau agar setiap masyarakat yang hendak meninggalkan rumah untuk lebih berhati - hati lagi dalam hal arus listrik

"Kami menghimbau kepada masyarakat yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk lebih memperhatikan arus listrik atau colokan listrik dan lebih waspada," imbuhnya.

Dugaan sementara atas terjadinya kebakaran diduga karena adanya korsleting arus pendek listrik pada kabel di dalam rumah korban.

Untuk mengamankan lokasi kejadian pihak kepolisian dari Polsek Balige langsung memasang police line di Lokasi kebakaran rumah untuk menghindari hal lain menunggu dilakukan pemeriksaan oleh pihak Kepolisian.