SIBOLGA - Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, SH, S.I.K, M.H pimpin gelar rekonstruksi pembunuhan di Hotel Bona Pasogit, Rabu (8/3/2023) siang.

 

Reka adegan digelar di Jalan SM Raja Kel. Pancuran Gerobak, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Sebanyak 30 adegan yang dilakukan tersangka KS (29), warga Lingkungan I, Poriaha, Kec. Tapian Nauli, Tapteng.

Korbannya, Nuraida Sonata alias Nurhaliza (50), yang saat kejadian tinggal di Motel Bona Pasogit Jl. S.M. Raja Kel. Pancuran Gerobak, Kec. Sibolga Kota.

Kejadian keji itu terjadi tepat pada tanggal 20 Desember 2022 lalu, dan pelaku telah diamankan Mapolres Sibolga.

Rekonstruksi tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kasi Barang Bukti Kejaksaan Negeri Sibolga, Kadishub Kota Sibolga, dan Kasat Reskrim Polres Sibolga.

Pelaksanaan Rekonstruksi terdiri dari 30 adegan, yang dibagi menjadi beberapa tempat kejadian perkara (TKP).

Adegan 1, pelaku pertama jalan dari Ade Irma Suryani Kel. Simare-mare Kec. Sibolga Utara. Adegan 2,3 di Jalan SM Raja Kel. Pancuran Gerobak Kec. Sibolga Kota tepat di Toko Roti Baru Bakery.

Untuk adegan 16 di Motel Bona Pasogit, Kel. Pancuran Gerobak Kec. Sibolga Kota tepat di Lantai I, pelaku peragakan sebanyak adegan 16 Adegan.

Adapun tempat kejadian perkara, di terminal Sibolga 1 adegan, tkp 5 samping rumah Dinas Bupati Jalan Sutomo adegan yang diperagakan sebanyak 1 adegan.

Tkp 6 Desa Mela adegan yang diperagakan sebanyak 4 adegan, Tkp 7 Desa Poriaha tepatnya di gubuk adegan yang diperagakan sebanyak 4 adegan.

Adapun barang bukti pada kasus tindak pidana pembunuhan yakni, 1 Buah Celana pendek warna biru dengan bercak darah.

1 Buah handuk dengan bercak darah,
1 Buah baju daster dengan bercak darah dan
1 buah kotak Handphone Merk Vivo2120.

1 buah pisau karter warna biru, 1 buah gembok, 3 buah kunci gembok, 2 buah Flashdisk berisikan rekaman CCTV.

1 buah kaos warna putih lengan hitam panjang merk eiger bercak darah milik pelaku.

1 buah topi warna hitam merk Hurley bercak darah milik pelaku, 1 buah topi warna cream merk tropical adventure.

1 buah tas sandang warna hijau abu merk eiger, 1 pasang sepatu warna hitam merk Converse all star, 1 buah tas pakaian bermotifkan kotak kotak.

1 buah tas pakaian warna biru hitam merk kitaro life style, 1 buah barang bukti pisau (belum ditemukan), 1 buah SIM Card handphone milik korban.

Sebelumnya, seorang wanita paruh baya ditemukan tewas di sebuah penginapan Bona Pasogit, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kota Sibolga, Sumatera Utara, pada Senin (20/12) sore.

Korban yakni NH (50) yang selama ini tinggal di penginapan tersebut ditemukan pihak kepolisian sudah meregang nyawa di dalam kamar mandi tersebut.

Posisi korban sedang terlungkup tanpa mengenakan busana, dari tubuh korban terlihat luka kekerasan. Di bagian leher ada bekas sayatan, bagian telinga ada luka lebam.

Parahnya lagi korban yang sudah tidak bernyawa itu sempat di gembok dari dalam kamar miliknya.

Sementara Kasi Humas Polres Sibolga, Akp Ramadhan Sormin membenarkan atas peristiwa tersebut.

Sementara pada Jumat (17/2/2023) dalam 59 hari, Polres Sibolga berhasil membekuk pelaku pembunuhan di Motel Bona Pasogit Sibolga dari kediamannya setelah lama melarikan diri ke Medan.