PALAS - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Barumun meraih prestasi juara 1 dan 2 di ajang MTQ antar pelajar yang digelar Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Wilayah XII di Kabupaten Padanglawas (Palas). Utusan qori dan qoriah dari SMK N 1 Barumun meraih prestasi tiga kategori juara diantaranya juara 1 Fahmil Quran, Kaligrafi Komtemporer putra dan Kaligrafi Kontemporer putri serta juara 2 Tahfidz.
 
Kepala SMK N 1 Barumun,Rita  Emilia Batubara.S.Ag mengatakan, prestasi yang telah diraih hendak dapat terus dipertahankan di MTQ antar pelajar di tingkat Provinsi Sumut nantinya.
 
"Keberhasilan ini menjadi motivasi bagi seluruh peserta didik untuk terus mengasah kemampuan dalam bidang keagaman khusus membaca al quran," harapnya, Selasa (7/3/2023).
 
Rita Emilia menambahkan, budaya minat baca al quran dilingkungan sekolah perlu diterapkan karena bermanfaat positif untuk perbaikan moral dan akhlak siswa untuk menciptkan cinta al quran.
 
Sebelumnya,Kadis Pendidikan Provinsi Sumut, Dr. H. Asren Nasution, MA melalui Kacabdis Wilayah XII, Marwan Fauzi, S.Sos, membuka MTQ antar pelajar itu di kampus STAI BR komplek Al Muhajirin yang bertema “mengaktualisasikan nilai-nilai Alquran untuk mewujudkan pendidikan Sumatera Utara yang bermartabat”.
 
"Kegiatan  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antar pelajar SMA/SMK se Kabupaten Padanglawas (Palas) berlangsung selama dua hari 6-7 Maret 2023," terangnya.
 
Senada dengan Kacabdis Wilayah XII,Ketua Panitia, H. Fauzan Hamidi Hasibuan, S Ag.
 
Dikatakan, peserta yang ikut dalam kegiatan MTQ antar SMA/SMK se Kabupaten Padanglawas ini sebanyak 154 peserta.
 
"Kegiatan lomba MTQ antar pelajar SMA/ SMK ini memang baru pertama kali diselenggarakan sehingga  diharapkan kegiatan ini bisa berkesinambungan," harapnya.
 
Ada 5 cabang perlombaan yang dipertandingkan di MTQ antar pelajar ini antara lain, tilawah, tahfiz, fahmil,sahril Qur’an serta seni lukis kontemporer.
 
Ia menambahkan,sekalipun persiapan pelaksanaan kegiatan ini cukup singkat, tetapi atas dukungan semua pihak akhir bisa juga terlaksana dengan baik dengan jumlah peserta maksimal.