PALAS  - Kecamatan Sosa sebagai tuan rumah perhelatan MTQ ke XIV tingkat Kabupaten Padanglawas berhasil meraih juara umum. Dewan Hakim resmi mengumumkan di perhelatan MTQ ke XIV tingkat Kabupaten Padanglawas tahun 2023 ini, Kecamatan Sosa tampil sebagai juara umum disusul posisi kedua dari  Kecamatan Barumun dan posisi ketiga Kecamatan Hutaraja Tinggi.
 
Sedangkan juara umum bidang Quro’atul Kutub jatuh kepada Kecamatan Sosopan, Juara II Kecamatan Sihapas Barumun dan Juara III Kecamatan Barumun.
 
Sementara pemenang hadiah 1 paket umroh gratis persembahan Bapak Mukmin Syaiful Daulay bersama AET Travel jatuh diraih pembaca terbaik Tilawah dewasa putri, Siti Bagon Nasution dari Kecamatan Sosa.
 
Dan hadiah 1 paket umroh gratis dari AET Travel diberikan kepada pembaca terbaik Tilawah dewasa putra, Pamusuk Pasaribu dari Kecamatan Lubuk Barumun.
 
Sedangkan untuk 2 paket umrah gratis dari Travel Jannah Firdaus diberikan kepada Tahfiz 30 Juz terbaik Putra, Kumpulan Harahap dari Kecamatan Huristak dan Tahfiz 30 Juz terbaik Putri, Nayla Sivah Siregar dari Kecamatan Sosa.
 
Selanjutnya dua paket umrah gratis dari Travel Cahaya Palas diberikan kepada Dewan Hakim, Maranaek Rambe dan Elvy Idayani Daulay dan 1 paket umrah gratis dari hamba Allah yang tidak mau disebutkan namanya dipersembahkan kepada Camat Sosa, Asrin Kholid Daulay yang telah berhasil membawa kecamatannya sebagai juara umum MTQ Ke-XIV  Tahun 2023.
 
Untuk hadiah pemenang 2 unit sepeda motor dari PT Bank Sumut Cabang Sibuhuan diberikan kepada pembaca terbaik Tilawah Remaja Putra, Amsar Ahmadi Pulungan dari Kecamatan Sosa dan pembaca terbaik Tilawah Remaja Putri, Isroyanti Siregar dari Kecamatan Sosa.
 
Selanjutnya 1 unit sepeda motor dari PT KAS diberikan kepada peraih terbaik tafsir Alquran Bahasa Arab terbaik Putri, Mikhrohani Siregar dari Kecamatan Sosa.
 
Dan 1 unit sepeda motor dari PT Karya Nyata Jaya Raya diberikan kepada penghapal hadist 500 terbaik Putri, Linni Marito Simanjuntak dari Kecamatan Barumun serta 1 unit sepeda motor dari CV Raudah Sosa diberikan kepada penghapal hadist 500 terbaik Putra, Muhammad Akhiruddin Nasution dari Kecamatan Hutaraja Tinggi.
 
Sekda Kabupaten Palas yang juga Ketua LPTQ Kabupaten Palas, Arpan Nasution.S.Sos mengatakan, sesuai  hasil rapat evaluasi pelaksanaan MTQ ke XIV  T
tingkat Kabupaten Palas Tahun 2023 di Kecamatan Sosa. 
 
Dikatakan, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Palas merekomendasikan Kecamatan Ulu Sosa sebagai penyelenggara atau tuan rumah pelaksanaan MTQ Ke-XV tingkat Kabupaten Palas pada tahun 2024 mendatang.
 
"Puji dan syukur dan senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT serta syukur alhamdulillah karena  seluruh rangkaian kegiatan Musabaqoh Tilawatul Qur’an (MTQ) Ke-XIV Tingkat Kabupaten Palas  tahun 2023 berjalan dengan sukses dan lancar," kata Sekda, Jumat (3/3/2023) malam.
 
Sebelumnya, Plt. Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu,CHt, MM, MSi, MH mengawali sambutannya menyampaikan, sesempurna apapun persiapan kegiatan pasti ada kekurangannya. 
 
“Tidak ada gading yang tak retak” yang artinya segala kekurangan dari penyelenggaraan MTQ kali ini akan menjadi bahan evaluasi untuk koreksi bagi  pemerintah daerah karena Kabupaten Palas  akan menjadi tuan rumah STQH Ke-XVIII tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 ini,"ucapnya.
 
Ia juga tidak lupa mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan MTQ dengan baik.
 
“Semoga segala  jerih payah semua pihak Panitia, Dewan Hakim, kafilah dan seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung kegiatan MTQ mendapatkan keberkahan dari Allah Swt," imbuhnya.
 
"Melalui perhelatan MTQ ini diharapkan 
 melahirkan generasi emas yang mencintai dan senantiasa berpedoman pada Alquran menuju Kabupaten Palas Baldatun Toyyibatun Warrobbun Ghafur," kata Plt Bupati.
 
Ia menambahkan, para khafilah yang berprestasi dan juara pada MTQ ke XIV tahun ini,dapat terus mempertahankan  prestasinya untuk terus ditingkatkan. 
 
Bagi yang belum meraih prestasi,agar  jangan berkecil hati tetapi paculah semangat serta asah kemampuan untuk mengikuti lomba MTQ ditahun mendatang," pungkasnya.
 
Hadir dikegiatan penutupan MTQ ke XIV  tingkat Kabupaten Palas,  tahun 2023, Ketua DPRD Kabupaten Palas, Amran Pikal Siregar, S.Sos.I, unsur Forkopimda,para pimpinan OPD, Pimpinan Cabang PT Bank Sumut, Indra Syah Edison, Pimpinan Cabang Bank BSI, Pimpinan Cabang  Bank BRI Sibuhuan, Agung Waluyo.
 
Selanjutnya, Pimpinan Cabang Bank Mandiri, Pimpinan Travel Umroh PT Jannah Firdaus diwakili, Alisar Martua Lubis, travel umroh lainnya, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda.