MEDAN - DPD Partai Demokrat Sumut siap memenangkan dan mengantarkan Anies Baswedan menuju kursi RI 1 dalam pemilu serentak 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Sekretaris DPD Demokrat Sumut Yudha Johansyah dalam sesi temu pers usai menyaksikan siaran langsung deklarasi dukungan Demokrat terhadap Anies Baswedan dalam rapat pertemuan bersama Majelis Tinggi Demokrat, di Kantor DPD Partai Demokrat Sumut, Jalan Sudirman Medan, Kamis (2/3/2023).   
 
"Dalam rapat lima jam yang dilaksanakan 1 Maret 2023 kemarin, kita sudah dengar tadi bahwa Demokrat melegalkan keputusan terkait dengan pencapresan oleh Majels Tinggi Partai Demokrat. Dan hari ini (Kamis, 2/3/2023) Anies diundang untuk mendengarkan hasil Rapat dan diesbutkan bahwa Anies sudah bisa berlayar dengan tiga pengusung dalam kontestasi pemilu 2004," ujar Yudha.
 
Atas hal itu, Yudha pun memastikan jika Demokrat Sumut siap melanjutkan putusan pusat dalam mendukung pencapresan Anies Baswedan.
 
"Seperti yang disampaikan Pak AHY juga, kami siap dari DPP, DPD hingga anak ranting untuk memenangkan Anies Baswedan di pemilu 2024. Dan harapan kami apa yang dilakukan Demokrat dengan tagline perubahan dan perbaikan agar bisa dilaksanakan pada pemilihan presiden 2024 nanti," ungkapnya.
 
Untuk memenangkan Anies Baswedan, Yudha mengaku, setelah 26 Januari kemarin ketika Demokrat telah mengumumkan Anies sebagai calon presiden, Demokrat telah melakukan sejumlah konsolidasi. 
 
"Arahnya sama, kesepakatannya juga sama. Tapi belum bisa kami laksanakan dan belum bisa kami deklarasikan di Sumut karena masih sebatas komunikasi," ucap Yudha di dampingi Wakil Ketua Dewan Kehormatan, Ibrahim Tarigan, Kepala BPOKK HM Sajali, Direktur Eksekutif, Pangeran SE dan Kepala Bakomstra, Chairil Huda. 
 
Di sisi lain dan menjawab pertanyaan wartawan soal cawapres pendamping Anies, Yudha mengaku, AHY adalah sosok yang tepat mendampingi mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai Cawapres. 
 
"Kami juga menganggap AHY adalah calon yang sangat tepat mendampingi Anies. Hal ini merujuk lembaga survey indikator dan beberapa lembaga survey lainnya, persentae tertinggi adalah AHY. Namun bagaimanapun juga, koalisi perubahan dan perbaikan akan ditentukan oleh Pak Anies untuk memilih," katanya.
 
Sebelum mengakhiri, Yudha juga juga menjelaskan jika sejauh ini Partai Demokrat Sumut telah memasuki tahap pembentukan ranting.
 
"Hinggga akhir Maret 2023 mendatang anak ranting di seluruh Sumut akan terbentuk lengkap dengan saksi-saksinya. Dan proses saksinya nanti ini diharapkan selesai Agustung 2023. Inilah nanti akan menjadi mesin pemenangan partai dalam pemilihan kepala daerah ataupun Capres dan Cawapres," tutur Yudha.
 
Saat struktur terbentuk, atau sekitar Desember 2023 mendatang, di situlah dirinya bisa memprediksi kekuatan Partai Demokrat Sumut menghadapi konstelasi politik 2024 mendatang. 
 
"Deklarasi adalah keputusan pimpinan partai di tingkat pusat. Tapi kami berharap bisa secepatnya diumumkan siapa nantinya maju sebagai calon gubernur ataupun bupati agar bisa menentukan strategi berikutnya," ucapnya lagi.