MEDAN - Partai Demokrat kembali menegaskan pengusungan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden yang akan bertarung dalam kontestasi politik 2024 mendatang. "Saya ingin menyampaikan, ini juga sekaligus menguatkan sebagai ketetapan hukum ketika ada yang bertanya Demokrat bagaimana, 26 januari 2023 kami menyatakan sikap mendukung AHY sebagai calon Presiden. Kami menyerahkan kepada beliau untuk menentukan pasangannya yang memiliki kans kemenangan dan kesamaan visi. Agar kita bisa sukses dan menang bersama," ujar Ketua Umum partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dalam sambutannya usai menerima kunjungan Anies Baswedan yang mengikuti rapat pertemuan bersama Majelis Tinggi Demokrat, di Kantor DPP Partai Demokrat, Kamis (2/3/2023).. 
 
Menurut AHY, berdasarkan ketetapan hukum Partai Demokrat sesuai yang diatur dalam AD/ART 2022, kewenangan Majelis Tinggi Partai adalah menentukan Capres dan Cawapres, maka telah diputuskan jika Demokrat masih dalam garis terdepan memperjuangkan perubahan dan perbaikan untuk mendukung Anies.
 
"Bahwa Demokrat akan tetap berada dalam garis perubahan dan perbaikan, kami yakini pemilu 2024 semangat perubahan dan perbaikan akan semakin besar. Tidak hanya asumsi tapi mendengar langsung keinginan rakyat," ucap AHY.
 
"Melalui perubahan yang kita canangkan akan menjadi lebih baik. Pertemuan tadi malam kita manisfestasikan hari ini dengan pertemuan bersama pak Anies. Tekad pak Anies semakin kuat dan memiliki keyakinan jika beliau tidak sendirian ada kami dari ranting hingga pusat yang siap berjuang untuk mengantarkan pak Anies menuju kemanangan," tutur AHY melanjutkan.
 
Dengan keputusan itu, AHY memastikan jika perahu koalisi perubahan siap untuk berlayar menuju kemenangan pada 2024 mendatang. 
 
"Perahu koalisi ini bisa berlayar. Pak Anies nakhodanya dan kami siap memberikan dukungan penuh. Bukan hanya berlayar, tapi tiba tujuan. Bukan hanya selamat, tapi juga meraih kemenangan," harapnya. 
 
Dalam kesempatan yang sama, Anies yang menyempatkan berdialog selama satu jam bersama Majelis Tinggi Partai Demokrat dengan spririt kebersamaan menyongsong perubahan perbaikan melalui pemilu 2024 turut mengajak semua pihak untuk ikut menjemput perubahan dan perbaikan di masa depan. 
 
"Kami tadi berjumpa dan berdiksui ini adalah kesempatan yang luar biasa. Membicarakan arah perjalanan bangsa ke depan. Pemilu ke depan tidak lepas dari keputusan MK. Apresiasi buat MK yang telah melindungi tata negara dan pemerintah dari usaha melemahkan demokrasi. Demokrasi tidak berjalan baik dengan sendirinya tetapi harus dirawat," ucap Anies.
 
Dirinya pun berharap sistem proporsional terbuka tetap dijaga agar demokrasi berjalan semestinya. 
 
"Kita teringat pada masa pak SBY di mana Demokrat konsisten menjadi contoh dalam menjaga demokrasi. baik dalam pemegang kekuasaan, maupun saat menjadi peyeimbang kekuasaan. Beliau (SBY) adalah presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat dalam Pesta Demokrasi 2004 waktu itu," ujarnya.
 
Pak SBY menurut Anies bukan hanya menjaga demokrasi tapi juga etika demokrasi, dan netralitas pergantian kekuasaan juga dijaga pada masanya.
 
"Percakapan kami selalu diwarnai ikhtiar percakapan mengakkan demokrasi. Saat ini dilanjutkan oleh putra beliau (AHY)," sebutnya. 
 
"AHY adalah bintang terang di langit Indonesia sebagai penerus SBY. Partai Demokrat is the Good Hand, (berada di tangan yang tepat)," tuturnya melanjutkan.
 
Demokrat juga bilang Anies telah berjalan ke depan dan menegaskan sikap untuk mengusung dirinya sebagai calon presiden bersama pengusung lain Nasdem dan PKS.
 
"Dengan rasa rendah hati izinkan kami menerima amanah besar ini. Insya Allah kami siap berjalan sama untuk jalan ke arah perbaikan. Amanah besar untuk menunaikan janji kemerdekaan. Utamanya menghadirkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia. Dan akan lebih ringan jika ini berjalan bersama-sama," ujarnya lagi. 
 
Dalam kegiatan yang disiarkan langsung melalui live streaming itu turut dihadiri sekretaris Majelis Tinggi Demokrat, di antaranya yakni Andi Malaranggeng, Jafar Habsah, Edi Baskoro Yudhoyono, EE Mangindaan, dan pengurus lainnya.