TOBA - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT.Toba Pulp Lestari (TPL) Tbk, turut andil bagian menyemarakkan pagelaran olah raga bertaraf Internasional F1 Power Boat (F1H2O) World Champion Ship Lake Toba 2023 yang digelar di Danau Toba, Balige. Kelompok UMKM Binaan TPL yang dikomandoi Jupiter Lumbanraja dan Delima Butarbutar dalam keterangan persnya kepada awak Media Senin (27/2/2023 menjelaskan, selama tiga hari pagelaran F1H2O, pihaknya menampilkan berbagai produk. 
 
"Ini kami tampilkan sebagaimana selama ini kelompok UMKM kami adalah binaan PT.TPL,Tbk. Dalam kesempatan even tersebut kelompok UMKM yang sebelumnya telah dibina oleh perusahaan PT.TPL,Tbk menampilkan berbagai hasil produk unggulan diantaranya Pizza Andaliman, Madu (Situak Ni Loba bahasa Batak,red), Sambal Nanas dan Jus Salak serta Opak berbahan baku ubi kayu," sebut Jupiter.
 
Senada dengan Delima Butarbutar menyampaikan rasa syukurnya karena bisa menampilkan berbagai produk di pagelaran F1H2O.
 
"Kami tetap berharap pihak PT.TPL,Tbk tetap terus aktif melakukan pendampingan secara berkesinambungan kepada kami supaya pelaku UMKM/UKM bisa berinovasi untuk peningkatan ekonomi dari sektor Pariwisata secara berkelanjutan," ujarnya.
 
Manager Community Development (CD) TPL Pius Butarbutar  dalam keterangan persnya menyebutkan UMKM binaan TPL adalah salah bagian dari pengembangan program CD Perusahaan kepada masyarakat. 
 
"Tentunya ini adalah sebagai bentuk dukungan dari perusahaan untuk pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah operasional perusahaan berdiri sebagaimana prinsip lerusahan Tumbuh dan berkembang bersama Masyarakat," sebutnya
 
Lebih lanjut disampaikan Pius menambahkan pihaknya tetap berkomitmen untuk terus hadir dan tetap aktif berkontribusi dalam upaya pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat secara khusus di sekitaran wilayah operasional perusahaan.
 
Termasuk ambil bagian dalam berbagai event di dunia kepariwisataan secara khusus di Kepariwisataan Danau Toba.
 
 
"Salah satunya dieven F1H2O World Cahmpionship Lake Toba 2023 yang digelar, melalui even berkelas dunia tahun ini menjadi salah satu langkah strategis untuk memperkenalkan berbagai produk yang dihasilkan UMKM Binaan TPL kepada wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara," ujarnya seraya berharap ke depannya UMKM ini bisa mandiri dan menjadi sumber penghasilan ekonomi tetap bagi masyarakat.
 
Seorang pengunjung Silvio Sinaga, mengaku cukup tertarik melihat para pelaku UMKM yang ada di Toba yang telah banyak menghasilkan berbagai produk lokal.
 
"Dari awal kita sangat mengharapkan dengan kehadiran even ini harus memberikan dampak positif bagi masyarakat luas secara khusus bagi pelaku UMKM/UKM yang ada di tanah Batak Kabupaten Toba terlepas dari berbagai kekurangan dan kelemahan selama even digelar," ujarnya.