MADINA -Dua warga penyandang disabilitas di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mendapat bantuan sepeda motor Viar tiga roda, Selasa (28/2/2023).
 

Bantuan itu diserahkan anggota DPR RI RI Komisi VIII Iskan Qolba Lubis dari Fraksi-PKS. Penyerahan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Kabupaten Madina, perwakilan kementerian sosial Kepala Sentra Insyaf Medan Imanuddin Hamdan.

Penyerahan kenderaan yang akan dipakai untuk meningkatkan bidang usaha yang sudah dimiliki sebelumnya berlangsung di Aula Riyadhoturrohman di Kecamatan Panyabungan.

Adapun warga Kabupaten Madina penyandang disabilitas yang mendapat bantuan tersebut yakni Ismail Nasution asal Desa Malintang Jae, Kecamatan Bukit Malintang. Dan Kholid Muhibbin warga Desa Simanguntong, Kecamatan Batang Natal.

Warga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial atas bantuan sepeda motor viar roda tiga, yang dikuatkan oleh anggota DPR RI, Iskan Qolba Lubis.

Sepeda motor tiga roda ini sebut Ismail penyandang disabilitas sudah lama diimpikannya sejak terjadi kecelakaan yang menimpanya. Dan dengan adanya bantuan tersebut ia mengaku untuk memudahkan usahanya sebagai penjual kelapa ke warung dekat di desanya.

Sedangkan Kholid, warga penyandang disabilitas yang juga mendapat bantuan itu mengaku sehari-harinya berjualan keleontong di desanya. Sehingga dalam lima tahun terakhir sekarang ini dapat memudahkan usahanya.

Sementara itu Kepala Sentra Insyaf Medan Imanuddin mengatakan pemberian bantuan sepeda motor Viar itu merupakan salah satu wujud membantu kemandirian kepada penyandang disabilitas untuk menjalankan usahanya.

Namun, sebelum memberikan bantuan pihaknya kata Iman, terlebih dahulu melakukan peninjauan, jenis sepeda motor Viar seperti apa yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitas.

"Dan yang utamanya seperti ini lah bukti nyata kementerian sosial itu hadir terutama untuk menangani saudara saudara kita yang difabel secara fisik," imbunya.

Untuk itu dia berharap agar bantuan tersebut dirawat dan dijaga serta semangat menjalankan usahanya.