TOBA - Event F1 Power Boath (F1H2O) World Champions Ship 2023 selama tiga Jumat, Sabtu dan Minggu (24-26 Februari 2023) Danau Toba depan Lapangan Sisingamangaraja XII Kelurahan Napitupulu Kecamatan Balige Kabupaten Toba. Dihari pertama, Jumat (24/2/2023) even digelar sesuai jadwal lokasi F1 Power Boath (F1H2O) World Champions Ship 2023 mulai ramai di kunjungi para warga wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. 
 
Para warga wisatawan lokal yang hadir terdiri dari berbagai kalangan usia mulai dari usia tua dan kaum muda milenial. Tampak dari pantauan Gosumut.com mulai dari pukul 06.00 Wib sudah banyak warga dan berbagai wisatawan dari luar Kabupaten Toba berdatangan yang diangkut shutel bus yang disediakan tim Injourney F1H2O untuk mengangkutnya ke kota Balige dari titik awal pengangkutan di Simpang Jalan Balige Bypass Tambunan, sepanjang Jalan Balige Bypass hingga di simpang Jalan Balige Pass Longat desa Hinalang Balige.
 
Selanjutnya suruh penumpang para warga/wisatawan dari pusat kota Balige berjalan kaki menuju lokasi ajang lomba F1H2O dengan mendapat penjagaan dan pengawasan ketat dari aparat TNI/Polri dan beberapa intansi pemerintah terkait.
 
Tiar Aritonang (19) salah satu pengunjung asal Kota Medan menyebutkan tertarik datang ke Balige ini untuk menyaksikan perlombaan F1H2O yang disebut sebagai ajang lomba berkelas dunia. 
 
"Saya hadir bersama keluarga sekaligus untuk menikmati keindahan wisata Danau Toba," ujar Tiar Aritonang yang mengaku mahasiswi semester 2 Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia (UNPRI).
 
"Sebagai generasi milenial kami sangat mendukung event F1 Power Boath berkelas dunia digelar di Danau Toba.melalui ajang momen lomba ini kita berharap akan mampu mendongkrak peningkatan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan wisatawan manca negara datang berwisata ke Danau Toba untuk menikmati keindahan alam wisata Danau Toba serta berbagai keberagaman lokasi wisata lainnya. Karena keindahan Danau Toba sudah terbukti sangat bagus dengan panoraman alam dan kesejukan alam dan airnya," cetusnya. 
 
Selain diramaikan wisatawan, F1H2O ini juga didukung berbagai perusahaan. Salah satunya, TPL yang berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan F1H2O World Champions Ship 2023.
 
Manager Media Relation PT.Toba Pulp Lestari, Tbk (PT.TPL,Tbk), Dedy Armaya didampingi staf Media Relation Irfan Sianipar dan Christin Tampubolon menyebutkan pihaknya ikut serta mendukungan serta mensupport pelaksanaan balapan perahu cepat diatas air yang digelar di Danau Toba Balige. 
 
"Momen ini adalah kesempatan emas bagi pemerintah khususnya Pemkab Toba bersama Pemprop Sumut untuk membuktikan bahwa perairan Danau Toba benar-benar layak menjadi lokasi F1H2O berkelas dunia. 
 
Pihaknya berharap, dengan momen F1H2O ini dapat menumbuh kembangkan kunjungan wisatawan mancanegara untuk datang ke Danau Toba.
 
"Untuk ajang ini perusahaan tetap siap berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah serta seluruh stakeholder untuk menggaungkan Pariwisata Danau Toba hingga penjuru dunia dengan berbagai kegiatan-kegiatan promosi Danau Toba lainnya. Hal seperti inilah salah satu bukti TPL tetap hadir mendukung promosi Danau Toba sebagaimana tekad Perusahaan tumbuh dan berkembang bersama masyarakat," pungkasnya.