LANGKAT -Salah seorang anggota DPRD Langkat M Yusuf Tarigan SE kaget saat namanya terdaftar sebagai pendukung salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pemilu mendatang.
 

Pencatutan nama anggota DPRD Langkat dari PDIP ini diketahui saat dilakukan verifikasi faktual (Verfak) oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan Pekan Bahorok Kamis 23/2/2023).

Yusuf Tarigan menyambut kehadiran ketua PPS kelurahan pekan Bahorok, Napifuddin dikediamanya di jalan Kampung Tempel.

Tanpa basa-basi saya tidak mengenal dan tidak pernah berkomunikasi dengan calon DPD Samulya Surya Indra ataupun dengan timnya tegasnya.

Bukan hanya Yusuf Tarigan yang dicatut, tetapi putra sulungnya, Yudi Syah Putra Tarigan juga terdaftar sebagai pendukung calon DPD dimaksud.

Tak berpikir panjang, mantan Ketua Komisi B DPRD Langkat itu langsung menandatangani formulir tidak mendukung yang disodorkan PPS.

"Aneh juga, entah darimana didapat data kami," beber Yusuf Tarigan sembari membubuhkan tanda tangan.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bahorok, Sutrisno SH dimintai komentarnya mengaku dari hasil Verfak yang dilakukan PPS kelurahan/desa banyak ditemukan hal serupa.

Dikatakannya, jadwal verfak calon DPD RI hingga tanggal 26 February mendatang. Saat ini penyelenggara tekhnis pemilu tingkat kelurahan/desa sedang melaksanakan Verfak DPD oleh PPS. Sementara pencocokan penelitian (Coklit) dilaksanakan petugas Pemutahiran data pemilih (Pantarlih) ujar Sutrisno.

Disinggung tentang Verfak DPD, dikatakannya sudah mendekati finish, sedangkan Coklit telah mencapai 60 % dalam kurun waktu 10 hari kerja.