TAPTENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Katholik Center, Pandan, Selasa (24/1/2023). Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih se Kabupaten Tapanuli Tengah yang dilantik berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Tapanuli Tengah Nomor 8 Tahun 2023. Sebanyak 645 anggota PPS yang akan bertugas di 215 Desa/Kelurahan tersebut, diambil sumpah dan janji oleh Komisioner KPU, Azwar Sitompul, SH. 

Selesai pembacaan sumpah janji dan  penandatanganan fakta integritas, Ketua KPU Tapteng  Azwar Sitompul, SH, menyampaikan, pelantikan anggota PPS adalah bagian dari pelaksanaan tahapan Pemilu 2024, sebagaimana yang dimaksud dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor Nomor 7 Tahun 2017.

"Pelantikan anggota PPS ini adalah bagian dari tahapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024," papar Azwar. 

Sebagai perwakilan KPU di tingkat desa, Azwar menegaskan, PPS memikul tugas dan tanggung jawab yang sangat berat, dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Anggota PPS yang dilantik merupakan peserta yang telah lolos evaluasi. Ia mengaku percaya, anggota PPS yang dilantik akan menjalankan tugas sebagai penyelenggara dengan baik dan satu komando. 

"Berterimakasih lah kepada Allah SWT, bahwa bapak ibu telah mendapat kepercayaan menjadi penyelenggara Pemilu. Jalankan tugas dengan mandiri dan berintegritas, tegak lurus, satu komando. Bekerjalah penuh waktu," ujar Azwar

Lebih jauh disampaikan, untuk Pemilu Tahun 2024 sendiri, sejumlah tahapan sudah dilaksanakan oleh KPU, mulai dari pembentukan badan penyelenggara pemilu, pendaftaran partai politik (parpol) dan juga penetapan dan pengambilan nomor urut Parpol. Untuk berikutnya perekrutan panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih).

"Tahapan-tahapan Pemilu sudah menunggu, termasuk tahapan pemutakhiran data pemilih. Saya harapkan kepada anggota PPS dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta bisa menjalin komunikasi yang baik antar sesama anggota dan PPK," imbaunya, sembari me warning para anggota PPS agar bekerja dengan jujur dan adil. 

Pelantikan anggota PPS Pemilu Tahun 2023 yang diikuti rohaniawan pendamping ini, dihadiri Bawaslu Tapteng, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panwascam se Kabupaten Tapanuli Tengah.