PALAS - Sebanyak 920 orang pengemudi becak motor (Betor) dan supir angkot di Padanglawas (Palas) menerima kucuran  Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM). Penyaluran BLT BBM sebesar Rp300 ribu per orang, dilaksanakan di Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Palas (Disperkimhub) di halaman kantor tersebut.
 
Hal ini Sesuai dengan SK Bupati Palas Nomor : 551/406/KPTS/2022 tentang  penerima dan besaran penerimaan bantuan langsung tunai subsidi transportasi umum penanganan dampak inflasi tahun 2022.
 
Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Kadis Perkimhub) Palas, Ronny Syaiful, S.Sos MM mengatakan, pemberian BLT BBM bagi pelaku jasa transportasi umum untuk melindungi dari resiko sosial ekonomi sebagai dampak Inflasi.
 
“Sesuai data awal yang diusulkan Disperkimhub Palas yaitu sebanyak 1.200 orang.Kemudian setelah  disandingkan dengan data Disdukcapil tersaring 920 orang penerima manfaat,"katanya, Kamis (12/1/2023).
 
Data Itu diperoleh melalui pendataan yang  dilakukan di Bulan September 2022 di tiga titik  lokasi yakni Sibuhuan, Sosa dan Binanga, jelasnya. 
 
Sebelumnya, Kabid LLAJ Supriyo.S.Tr  Disperkimhub Palas mengatakan, bantuan BLT BBM tersebut dapat dibelikan pertalite maupun solar guna mendukung usaha mereka.
 
Lanjut Supriyo, seluruh bantuan telah didistribusikan sampai tanggal 30 Desember 2022.
 
"Untuk penyaluran BLT BBM yang jauh lokasi, pihak Dinas Perkimhub Palas melakukan pelayanan jemput bola di dua titik lokasi yaitu Sosa dan Binanga," ucapnya.
 
Ia berharap, apa yang sudah dilakukan kepada masyarakat Palas dapat meringankan beban masyarakat.
 
Plt.Bupati Palas,drg.Ahmad Zarnawi  Pasaribu.CHt.MM.MSi.MH menyampaikan bantuan langsung tunai BLT -  BBM diberikan kepada para penerima manfaat, khususnya kepada para pengemudi jasa transportasi yang belum menerima bantuan dari pemerintah.
 
"Tujuan untuk menekan inflasi yang diperintahkan oleh Pemerintah Pusat, sehingga pihaknya telah menganggarkan hal tersebut," ucapnya.
 
“Kenaikan BBM tentu berdampak terhadap masyarakat di tengah kebutuhan pokok naik, maka pemerintah Kabupaten Palas  menganggarkan untuk memberikan bantuan langsung tunai kepada warga," pungkasnya.