PALAS -Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSi menghadiri pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Palas, di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Rabu (4/1/2023).
 
Anggota PPK yang dilantik Ketua KPU Padanglawas, Indra Syahbana Nasution SH.MH berjumlah 85 orang terdiri dari 75 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.

Jumlah Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kab.Padang Lawas yang di lantik sebanyak 85 orang, yakni 75 orang Laki Laki dan 10 Orang Perempuan.

Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSi menyampaikan ucapan selamar kepada anggota PPK yang dilantik sebagai penyelenggara pemilu tahun 2024 mendatang.

"Selamat mengemban amanah sebagai badan Ad Hoc penyelenggara pemilu serentak tahun 2024 yang akan bertugas di 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Palas," ucapnya saat memberikan ucapan selamat kepada anggota PPK yang baru dilantik.

Sebelumnya, Plt Bupati Palas, drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi MH berharap, anggota PPK yang dilantik dapat melaksankan tugas yang diamanahkan dengan baik.

"Tugas sebagai penyelenggara pemilu bukanlah tugas yang ringan, tetapi ini tugas berat karena 5 orang PPK akan melayani 1 Kecamatan," terangnya.

Kata Plt Bupati, namun yakinlah pada amanah tersebut dengan prinsipnya tugas akan terasa ringan apabila kita semua bersinergi, saling rangkul dan bergandeng tangan bersama seluruh elemen.

Pada kesempatan juga, Plt. Bupati menyampaikan, ada tiga pesan penting yang harus dipahami seluruh anggota PPK yang baru dilantik.

Ketiga pesan tersebut, sambungnya, bekerja dengan ikhlas, niatkan tugas ini seikhlas-ikhlasnya karena ini amanah undang-undang. Karena saudara membantu prosesi Pemilu.

"InsyaAllah nantinya menghasilkan peminpin yang amanah yang mencintai rakyat yang bermuara pada kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Kedua, katanya jaga kondusifitas, integritas dan independensi karena 85 orang yang ada dihadapan saya adalah yang terbaik, unggul dengan reputasi yang baik.

"Banyak sekali orang yang ingin menjadi PPK, tapi saudara telah ditakdirkan Allah SWT untuk menjalankan amanah ini. Jaga suasana agar kondusif, berperilaku baik dan tidak berpihak pada golongan tertentu," imbuhnya.

Dan terakhir,tingkatkan kualitas diri dengan terus belajar dan berkoordinasi dan senantiasa meminta petunjuk kepada komisioner, sehingga nanti tugas tugas dapat dijalankan sesuai aturan dan permasalahan di lapangan bisa terselesaikan dengan baik.

"Jagalah kesehatan, karena pada saatnya pemilu nanti saudara bisa bertugas 24 jam sehari," tambahnya.

Hal itu, sambungnya berkaca pada pemilu beberapa tahun yang lalu, ada beberapa insiden yang terjadi dalam tugas ini dan kita tidak perlu mencari biang masalahnya yang terpenting jaga pola makan dan pola istirahat, tandas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.