Set Top Box atau disingkat STB merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal yang ditangkap oleh antena menjadi gambar dan suara, lalu ditampilkan di TV analog. Ada banyak produk STB yang berada di sekitar kita, mulai dari Set Top Box Tangerang ataupun Set Top Box daerah lainnya. Jika Anda ingin membeli Set Top Box, Anda bisa membelinya di Blibli, karena Blibli memahami segala kebutuhan Anda.

Jauh sebelum Set Top Box atau TV digital digunakan di Indonesia, TV analog menjadi hiburan utama hampir semua orang. Beberapa acara televisi pun sempat berjaya di era TV analog. Berikut ini 5 acara TV yang dahulu banyak disukai saat era TV analog.

5 Acara Terbaik di Era TV Analog

1.           Opera Van Java

Siapa yang tidak mengetahui acara komedi yang dikonsep dengan wayang orang versi modern ini. Disiarkan di Trans 7, Opera Van Java sukses menjadi acara komedi yang banyak disukai penonton. Dahulu, Opera Van Java atau dikenal juga dengan OVJ diisi dengan komedian ternama seperti Sule, Andre Taulany, Parto Patrio, Nunung, dan juga Azis Gagap.

Parto Patrio dipercaya sebagai seorang dalang, dan harus mengatur jalan cerita yang diisi oleh komedian-komedian lain. Tidak hanya itu, OVJ juga kerap mengundang bintang tamu untuk ikut ke dalam cerita. OVJ sempat berhenti tayang pada tahun 2016, lalu mulai ditayangkan lagi pada tahun 2016 hingga 2021 dengan pemain-pemain baru.

2.       Extravaganza

Beberapa tahun sebelum OVJ, komedi di Indonesia diwarnai dengan acara bernama Extravaganza. Acara variety show ini membawakan beragam cerita dalam bentuk sketsa komedi. Cerita yang dibawakan pun beragam, mulai dari kejadian sehari-hari hingga legenda masa lalu.

Beberapa komedian yang mengisi acara ini pun terbilang cukup banyak, mulai dari Tora Sudiro, Indra Birowo, Ronal Surapradja, Rony Dozer, Sogi Indra Dhuaja, Tike Priatnakusumah, Ananda Omesh, Edric Tjandra, dan sederet pemain lainnya pernah mewarnai acara ini.

3.       Berpacu Dalam Melodi

Senang bernyanyi? Maka acara ini mungkin pernah menjadi acara favorit Anda. Dipandu oleh host kondang Koes Hendratmo, acara ini merupakan acara yang disukai oleh banyak keluarga. Konsep acara ini adalah mengundang dua tim atau pemain dan saling berlomba untuk menebak atau mengisi lirik lagu yang kosong. Keseruan terletak di saat peserta tidak dapat menjawab lagu yang dimaksud, namun penonton di rumah ataupun di studio dapat menebaknya dengan mudah.

Acara sejenis ini sudah beberapa kali dibuat di beberapa stasiun televisi. Namun, pembawaan host yang spesial dengan ciri khas suaranya merupakan daya tarik tersendiri dari acara Berpacu Dalam Melodi.

4.       Cinta Fitri

Salah satu program paling laris di acara TV indonesia adalah sinetron. Berbicara mengenai sinetron, sinetron Citra Fitri tentu menjadi salah satu acara yang banyak diingat.

Selain karena jalan cerita yang menarik, Cinta Fitri juga bertahan cukup lama, mulai dari tahun 2007 hingga tahun 2011, lalu sempat masuk ke musim baru pada tahun 2021 dengan nama Cita Fitri The Series. Total, Cinta Fitri memiliki 8 season dan 1.002 episode selama tayang.

Sinetron ini dibintangi oleh Shireen Sungkar sebagai Fitri Rahayu dan Teuku Wisnu sebagai Farrel. Lalu ada pemeran lainnya yaitu Adly Fairuz, Dinda Kanyadewi, Verlita Evelyn, Lian Firman, dan masih banyak lagi.

5.       Lorong Waktu

Mengikuti petualangan Zidan dan Haji Husin dalam sinetron Lorong Waktu menjadi kegiatan yang paling ditunggu oleh beberapa orang. Sinetron ini dibintangi oleh Deddy Mizwar, Adjie Pangestu, Jourast Jordy, Opie Kumis, dan masih banyak lagi.

Sinetron ini pertama kali ditayangkan di SCTV pada tahun 1999, lalu bertahan hingga lima musim atau tepatnya pada tahun 2006 dengan total episode mencapai 207. Lorong Waktu sempat dibuat dalam format animasi pada tahun 2019.

Acara-acara TV tersebut saat ini masih dapat Anda saksikan melalui layanan streaming ataupun melalui YouTube. Agar dapat menyaksikannya melalui televisi, Anda dapat membeli Set Top Box dengan fitur IPTV yang dapat mengakses YouTube.

Rekomendasi Set Top Box dengan IPTV

Berikut ini rekomendasi Set Top Box dengan fitur IPTV yang dapat Anda pilih:

-          AKARI STB ADS-525

-          Polytron PDV 600T2

-          Tanaka DVB-T2 New

-          Matrix Apple DVB-T2 HD

Anda dapat membeli rekomendasi Set Top Box ataupun Set Top Box lainnya dengan mudah di Blibli. Dengan belanja di Blibli, Anda dapat menikmati promo menarik serta kemudahan membeli barang, karena Blibli mengerti kebutuhan sehari-hari Anda.