LABUSEL -Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S., M.si resmi melantik dan mengukuhkan Polres Labuhanbatu Selatan, Senin (12/12/2022) pagi tadi sekira pukul 10.00 di Mapolres Labusel, Jl. Lintas Kota Pinang Ds. Sosopan Kec. Kota Pinang.
 

Dalam arahannya, Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S., M.si meminta agar segera konsolidasikan dan tata pelaksanaan tugas Polres Labuhanbatu Selatan guna menjaga wilayah yang memiliki luas 3.596 km2, dengan jumlah penduduk 316.798 jiwa serta terdiri dari 5 kecamatan, 2 kelurahan dan 52 desa.

"Di mana secara geografis posisi Kabupaten Labuhanbatu Selatan berada di bagian selatan wilayah Provinsi Sumatera Utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, yang menjadi hal penting untuk diwaspadai karena merupakan pintu gerbang masuk ke wilayah Provinsi Sumut," ujar Kapolda mengawali arahannya.

Kapolda juga meminta pejabat Polri di Polres Labusel untuk segera menginventarisasi tantangan dan pelaksanaan ancaman tugas.

Sebab, sambung Kapolda, Polri berdasarkan karakteristik wilayah Labuhanbatu Selatan, terlebih khusus kesiapan menghadapi operasi lilin Toba-2022 dalam rangka Pengamanan Natal tahun 2022 dan menyambut tahun baru 2023.

"Saya berharap dengan berdirinya Polres Labuhanbatu Selatan, dapat membuat wilayah Labuhanbatu Selatan aman dan Kondusif," ujarnya.

Kapolda juga meminta untuk membangun komunikasi dan kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat yang ada, termasuk stakeholder terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda untuk mampu mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah ini.

"Laksanakan tugas dengan sepenuh hati, dilandasi keikhlasan untuk terus berbuat baik, dengan cara kerja cerdas, kerja cepat dan kerja tuntas sehingga dapat mewujudkan Polri yang presisi," pesannya.

Oleh karena itu, Kapolda meminta agar personel mengindari tindakan atau perilaku yang dapat menciderai hati masyarakat yang dapat menurunkan citra Polri.

"Terimah kasih kepada Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin yang telah membatu dan telah mensupport kami untuk berdirinya Polres Labuhanbatu Selatan. Dengan ini saya nyatakan Polres Labuhanbatu Selatan berdiri," tandasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Labusel, H. Edimin atas nama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengucapkan terimah kasih kepada Kapolda Sumut yang telah meresmikan Polres Labuhanbatu Selatan.

"Terimah kasih kepada seluruh OPD yang telah berjuang membuat anggaran untuk berdirinya Polres Labuhanbatu Selatan. Kami berharap kepada bapak ibu rombongan bapak Kapolda Sumut bapak dan Ibu datang kesini dalam keadaan sehat, pulang juga harus dalam keadaan sehat," singkatnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan Edi Parapat juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut yang telah meresmikan Polres Labuhanbatu Selatan.

"Kabupaten Labusel sudah 14 tahun pisah dari Labuhanbatu dan masyarakat selalu menunggu adanya Polres di kabupaten kami. Kami berharap Kepada kepada Polres Labuhanbatu Selatan untuk dapat menjaga situasi aman dan kondusif di wilayah Labusel ini," harapnya.

Peresmian Mapolres Labusel ini diwarnai dengan pemberian santunan kepada kaum duafa, fakir miskin dan disibalitas.

Adapun Polres Labuhanbatu Selatan diisi sejumlah petinggi Polri seperti Wakapolres Labuhanbatu Selatan Kompol Bambang G Hutabarat, Kabag Ops Polres Labuhanbatu Selatan AKP Abdul Rahman S.H., M.H, Kabag SDM Polres Labuhanbatu Selatan AKP Edward Tobing.