MADINA - Sejumlah sekolah di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terpaksa diliburkan pasca banjir yang melanda di lima kecamatan. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Madina, Riswan Halim Batubara saat dihubungi, Senin (12/12/2022).

Banjir yang menyebabkan sejumlah aktifitas terganggu termasuk proses belajar mengajar.Sebab banjir sudah menggenangi halaman sekolah hingga memasuki ruang kelas.

Adapun sekolah-sekolah yang diliburkan tersebut adalah SD Negeri 377 Trans Bandep, SD 378 Sikara-kara IV, SD 371 Patiluban Hilir, SD 365 Patiluban Mudik Kecamatan Natal dan SD 294 Tapus Kecamatan Lingga Bayu.

"Saat ini baru itu yang masuk, tapi kita masih menunggu laporan resmi dari kecamatan terkait jumlah sekolah yang terdampak banjir," katanya.

Peristiwa banjir pada Minggu (11/12/2022) kemaren diakibatan tingginya curah hujan, sehingga sungai sungai Batang Natal dan sungai Bangko meluap dan pemukiman warga tergenang.

Selain itu, dampak banjir tersebut terjadi di rumah warga yang berada di bantaran sungai. Tinggi banjir itu pun berpariasi dan berdampak akses transportasi dari daerah Lingga Bayu menuju Kecamatan Natal terhambat.

Adapun lima kecamatan yang dilanda banjir itu adalah, Kecamatan Linggabayu, Kecamatan Sinunukan, Kecamatan Natal, Kecamatan Batahan, dan Kecamatan Muara Batang Gadis. Namun banjir paling parah terjadi di Kecamatan Linggabayu, Sinunukan, dan Muara Batang Gadis.