MEDAN - Achmad Zulham kembali terpilih secara aklamasi memimpin Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) periode 2022-2025 dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke III yang digelar di Hotel Santika Diandra, Jumat (9/12/2022). Musda ke III IHGMA ini dihadiri 250 orang dari intansi pemerintah, ketua asosiasi profesi parawisata, sekolah SMK pariwisata dan undangan lainnya. Ketua terpilih dilantik Ketua DPP diwakili Ketua Bidang Akreditasi & Sertifikasi DPP IHGMA, Braja Eka Sukma. 
 
Dalam siaran persnya yang diterima redaksi, Senin (12/12/2022), Achmad Zulham mengatakan, IHGMA Sumut memiliki misi utama untuk pengembangan SDM Pariwisata, terutama di kabupaten/kota seputaran objek wisata super prioritas Danau Toba.
 
Ia juga berharap agar program pengembangan SDM pariwisata tersebut dapat tetap dijalankan, dikembangkan dan diperluas cakupannya. Selain itu juga program IHGMA Sumut yang berfokus ke pemasaran potensi objek-objek wisata di kabupaten/kota di Sumut layak diapresiasi karena sangat membantu dinas pariwisata di kabupaten kota.
 
Sesuai tema yang diusung 'Pulih Pariwisataku & Bangkit Indonesiaku' selaras dengan program dan keinginan IHGMA DPD Provinsi Sumatera Utara, yang ingin ikut serta membangun dan berperan serta dalam memulihkan pariwisata Indonesia khususnya Pariwisata Sumatera Utara. Sehingga nantinya mampu menggeliatkan kembali perekonomian di industri pariwisata pasca pandemi covid. 
Ia juga menyebutkan sejumlah program kerja IHGMA Sumut, ke depan di antaranya melaksanakan program kerja One GM One SMK, pendampingan SMK pusat keunggulan untuk penyelarasan Kurikulum SMK- IDUKA bekerjasama dengan Kemendikbud Ristek.
 
Kemudian bekerjasama dengan Kemenparekraf menjalankan program desa wisata, serta membantu program Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sumatera Utara. 
 
Selanjutnya, bekerjasama dengan Kemenaker dalam hal penyediaan tenaga pengajar/instruktur, dan ikut terlibat di dalam Forum Komunikasi Pelatihan dan Industri (FKLPI). Bekerjasama dengan Poltekpar Medan, dalam hal Praktisi Mengajar/Guest Lecture/narasumber ataupun sebagai evaluator dan lain sebagainya.
 
Selain itu ikut serta bersama Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota dalam melakukan promosi Pariwisata dan Program Medan Medical Tourism, dan berkolaborasi dengan PHRI Sumatera Utara dalam program Vaksinasi untuk pekerja Pariwisata di Sumatera Utara. 
 
Meningkatkan Skills Para General Manager melalui Pelatihan/Seminar bekerjasama dengan Sauta Knowledge Centre (SKC) serta beberapa kegiatan lain dalam bentuk CSR untuk membangun Networking dengan stakeholder/asosiasi pariwisata yang ada di Sumatera Utara.
 
"Program kerja/kegiatan telah di laksanakan sesuai dengan visi dan misi IHGMA DPD Sumatera Utara yang telah terlaksana dan menjadi tanggungjawab kita kepada pemerintah untuk menciptakan GM GM hotel berikutnya di masa depan sebagai pengganti yang sekarang ini,” tegasnya.
 
Sebelumnya, Ketua panitia Samad didampingi Afwandi menyebutkan Musda ini terselenggara berkat dukungan semua pihak terutama semua general manager hotel yang ada di Medan dan didukung semua Assosiasi Pariwisata khusus asosiasi Akomodasi (Hotel) serta berbagai sponsor, UKM serta stakeholder yang bekerjasama dengan industri hotel di Sumut.
 
Disebutkannya, musda IHGMA III digelar untuk memilih pengurus baru. periode 2022-2025 karena priode sebelumnya telah berakhir. Agenda dilaksanakan satu hari penuh dari pembukaan sampai sidang Pleno serta pemilihan ketua baru dan dilanjutkan malamnya di adakan pelantikan ketua terpilih dan pengurus.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut Gubenur Sumatera Utara diwakili Kepala Dinas Parawisata Sumut, Zumri Sulthony,S.Sos.M.Si dan Kasiparbud Medan Agus Suriyono.