PALAS - Dalam rangka mempersiapkan MTQ tingkat Kecamatan, Pemerintah Desa (Pemdes) Padang Garugur, Kecamatan Barumun Tengah menggelar kegiatan MTQ tingkat Desa. Kegiatan MTQ dilaksanakan di Balai Desa Padang Garugur, kegiatan yang dilombakan dalam MTQ tingkat Desa yaitu, cabang tartil Qur'an, dan tilawah Quran.

Kepala Desa Padang Garugur Irham Habibi Harahap menyampaikan, bahwa pelaksanaan MTQ tingkat desa ini bertujuan menyaring individu yang akan diutus ke MTQ  tingkat kecamatan nantinya.

"Bahwa Al quran sebagai kitab suci umat Islam menyimpan rahasia ilmu yang bisa menyelamatkan kita di dunia maupun akhirat, untuk itu, lewat MTQ ini mari terus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt," pesan Irham, Kamis (1/12/2022).

Disamping itu, Irham berjanji bahwa dalam kegiatan berikutnya akan memberikan hadiah khusus bagi siapa saja penghafal Al quran di Desa Padang Garugur. 

"Kita lihat mulai hari ini sampai habis periodesasi, bagi masyarakat penghafal Al-Qur'an khususnya generasi muda untuk berani tampil dalam menjawab tantangan perubahan zaman dengan mempertebal keimanan untuk selalu membaca Al Quran," harapnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa beberapa cabang yang dipertandingkan adalah tartil Quran, tilawah Quran. 

Tampil sebagai  juara untuk Tartil Quran Putra Afgan Harahap dan untuk Putri Nurhidayah Harahap, dan untuk juara Tilawah Quran Putri Santi Agustin Harahap dan untuk Putra Abdul Hafiz Harahap.

"Para juara MTQ tingkat desa ini akan menjadi utusan desa diajang perhelatan MTQ tingkat Kecamatan Barumun Tengah yang akan digelar 4-5 Desember 2022 di lapangan bola Kecamatan Barumun Tengah," pungkasnya.