MADINA -Guru pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang tersebar di 440 sekolah di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang mengikuti ujian seleksi observasi oleh Dinas Pendidikan Madina.
 
Seleksi ini akan berlangsung mulai tanggal 27 -28 November 2022. Namun, karena ada gangguan pada server penilaian. Kendati itu pelaksanaan seleksi tersebut ditambah satu hari.

Ada sebanyak 1.585 orang guru pelamar PPPK yang mengikuti ujian observasi tersebut. Adapun peserta yang diobservasi tersebut adalah pelamar prioritas 2 sebanyak 17 orang dan prioritas 3 sebanyak 1.568.

Selanjutnya penilaian bagi pegawai guru PPPK dilakukan oleh tim penilai yang berasal dari guru senior, pengawas sekolah dan kepala sekolah.

Plt.Kepala Dinas Pendidikan Madina Dollar Hafriyanto mengatakan untuk jadwal ujian seleksi ini dilaksanakan selama dua hari yakni mulai 27 hingga 28 November 2022. Namun, karena ada gangguan observasi tersebut ditambah satu hari.

"Karena ada gangguan pada server penilaian, waktunya seleksinya ditambah satu hari yakni sampai dengan tanggal 29 November 2022," ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Madina, didampingi Kabid PTK, Zulhamsyah kepada wartawan, Senin 28/11/2022)

Dollar menyebut, seleksi observasi bagi guru honor yang lulus seleksi administrasi ini dilaksanakan secara online dengan kategori pelamar prioritas 2 dan prioritas 3.

Sedangkan, lokasinya dilaksanakan di dua lokasi yakni di Dinas Pendidikan Madina dan di sekolah tempat masing-masing guru mengajar.

"Adapun bahan-bahan yang diujikan pada seleksi observasi itu diantaranya adalah prilaku dan interaksi guru selama dia berada di lingkungan dan di luar sekolah, ujiannya dalam bentuk quisioner," imbuhnya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 736 tahun 2022 tentang penetapan kebutuhan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Madina tahun anggaran 2022, Kabupaten Madina mendapat formasi sebanyak 1.025. formasi tersebut untuk PPPK jabatan fungsional guru.

Sedangkan, yang mendaftar dan melakukan submit dokumen di aplikasi sscasn ada1.771 orang dengan rincian pelamar prioritas 1 sebanyak 186 orang, prioritas 2 sebanyak 17 orang dan prioritas 3 sebanyak 1.568.