MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi menandatangani prasasti SMK Telkom sebagai SMK Pusat Keungulan. Penandatangan prasasti ini bertepatan dengan upacara peringatan hari guru di Lapangan Gedung Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang, yang dihadiri Gubsu dan jajaran Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Jumat (25/11/2022).

Kegiatan berlangsung meriah, di mana para peserta upacara menggunakan pakaian adat daerah. Kegiatan dimeriahkan dengan marching band dan juga penampilan dari siswa serta penghargaan kepada guru yang sudah mengabdi lebih dari 30 tahun.

Wakil Kepala SMK Telkom Medan, Bidang Kurikulum, Fadliansyah Nasution, Senin (28/11/2022) mengatakan pihaknya juga ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

SMK Telkom Medan lanjutnya, membuka stand pameran produk kreatif dari siswa dan juga guru SMK Telkom Medan. Adapun produk yang ditampilkan, produk teknologi rekayasa perangkat lunak serta Teknik computer dan jaringan.

"Pameran produk ini merupakan pameran dari jurusan unggulan yang ada di SMK Telkom Medan. SMK Telkom Medan merupakan sekolah Program SMK Pusat Keunggulan dimana SMK Telkom Medan selalu berkomitmen untuk menjadi sekolah dengan pusat keunggulan dengan berfokus kepada teknologi," ujarnya.

Hal ini sesuai dengan pameran hasil karya yang ditampilkan pada saat kegiatan berlangsung, dimana produk yang ditampilkan adalah simulator smart home, dimana pengoperasian perangkat rumah pintar menggunakan aplikasi android dan secara nirkabel.

Selanjutnya produk metaverse yang digadang-gadang sebagai salah satu produk IT di masa depan dan sangat di butuhkan pada perkembangan teknologi 4.0. Adapun produk lainnya adalah perangkat personal computer yang terurai untuk simulasi pembelajaran ke siswa tentang mekanisme kerja dari perangkat computer.

Dia menjelaskan dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyempatkan mengunjungi stand SMK Telkom dan disambut Kepala Sekolah SMK Telkom Medan, Ir. Januar, M.Si dan menandatangi Prasasti SMK Telkom sebagau SMK Pusat Keunggulan.

Kegiatan pameran dihadiri guru dan siswa serta tamu undangan. Bahkan sejumlah tamu tampak tertarik untuk melihat pameran hasil karya SMK Telkom Medan, karena terkait dengan perkembangan dunia teknologi.

"Harapannya SMK Telkom bisa memberikan kontribusi bagi perkembangan siswa di dunia IT khususnya di Sumatera Utara," pungkasnya.