MADINA - Awal bulan Desember 2022 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) akan menggelar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) golongan Hafidz Quran. MTQ tingkat kabupaten tersebut direncanakan berlangsung selama tiga hari, mulai 1 hingga 3 Desember di Mesjid Agung Nur Ala Nur, Kecamatan Panyabungan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Madina, Bahruddin Juliadi Pakpahan Senin (28/11/2022) mengatakan pegelaran keagamaan tersebut merupakan hal rutin pemerintah daerah yang digelar setiap tahunnya.

Dia mengungkapkan acara keagamaan itu digelar bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat khusunya generasi muda dalam mengahayati, mendalami dan mengamalkan Alquran serta melestarikan syiar-syiar agama bernuansa Islami.

"MTQ akan diikuti kafilah utusan kecamatan, pondok pesantren, lembaga pendidikan tahfidz Quran, dan rumah tafidz Quran di wilayah Mandailing Natal," kata Bahruddin.

Selanjutnya dia menjelaskan cabang musabaqoh yang bakal ditampilkan diantaranya, cabang 1 Juz dan tilawah putra atau putri, cabang 5 Juz dan Tilawah putra atau putri, cabang 10 Juz putra atau putri cabang 20 Juz putra atau putri dan Cabang 30 Juz putra atau putri.

"Kita berharap agar santri pondok pesantren baik dari lembaga pendidikan Tahfiz rumah Tahfidz untuk mendatangkan Hafiz dan Hafidzah terbaiknya. Dan masyarakat juga mari ikut sukseskan kegiatan keagamaan ini," imbuhnya.