MADINA - Akses jalan ke Pantai Barat, tetapnya anatara Desa Sopo Tinjak dengan Bulu Soma Kecamatan Batangnatal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) lumpuh total akaibat tertimbun material lumpur yang terbawa arus banjir bandang. Peristiwa itu terjadi sekitar Pukul 13.00 WIB, Jumat (25/11/2022), namun, penyebabnya saat ini belum diketahui. Pasalnya diwilayah tersebut terus- menerus itu diguyur hujan.
 
Dari video yang diterima, dilihat material banjir terus mengaliri badan jalan disertai lumpur hitam. Informasi yang dihimpun banjir bandang tersebut berasal dari bawah jembatan anak sungai di wilayah itu.
 
Akibat banjir itu juga menyebabkan kemaceta hingga beberapa kilomter, karena kenderaan yang ingin melintas dari kawasan itu terpaksa tidak bisa dilewati.
 
Akses Jalan ini merupakan jalan poros utama menunju ke enam Kecamatan yakni Kecamatan Batang Natal, Lingga Bayu, Ranto Baek,  Sinunukan, Batahan, Natal, dan Kecamatan Muara Batang Gadis.
 
Petugas lapangan juga saat ini sedang berada di titik banjir untuk membersihkan material longsor yang tertup badan jalan.
 
"Alat berat saat ini sudah terjun ke lokasi untuk berupaya membersihkan lumpur yang ada di badan jalan, namun petugas dilapangan juga ekstara hati hati dan waspada karena kondisinya banjir yang disertai lumpur itu masih terus bergerak,"  kata Zulkifli Nasution, staf UPT Bina Marga Provinsi Sumut yang berada di lokasi.
 
Dia mengatakan alat berat yang sudah dikerahkan untuk membersihkan matarial longsor ada satu yang sudah di lokasi. Sementara satunya lagi sedang menuju ke titik longsor.
 
"Kita mengkerahkan dua alat berat, satu sudah dilokasi dan satunya itu masih dalam perjalanan," ujaranya.
 
Selanjutnya dia berharap agar banjir dan longsor yang menutupi badan jalan tersebut bisa tertangani dengan cepat dikondisikan.
 
Sementara Kepala UPT Kotanopan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Andi Hakim mengatakan timnya yang saat ini berada di lokasi sedang mengkondisikan agar jalan yang terputus aibat meterial banjir bisa cepa tertangani.
 
"Doakan agar semua lancar dan cepat tertangani," imbuh Andi Hakim.