TAPSEL - Akibat curah hujan tinggi, jalan penghubung Dusun Siopat-opat dan Sukarame di Kelurahan Tapian Nauli, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), mendadak amblas dengan kedalaman lebih kurang 2 meter, Rabu (23/11/2022). Alhasil, akses masyarakat yang hendak melintas sempat terhambat.
 
Bhabinkamtibmas Polsek Batang Angkola Aipda Dedi Z Harahap, menuturkan bahwa, usai mendengar adanya Jalan amblas, pihaknya meninjau lokasi. Selain meninjau, pihaknya juga turut membantu masyarakat untuk membuat akses Jalan sementara.
 
"Hal itu bertujuan, agar masyarakat yang hendak menggunakan Jalan, bisa melalui akses tersebut," jelas Dedi.
 
Lebih lanjut, Dedi menerangkan, pihak Pemerintah Kecamatan Angkola Selatan telah menghubungi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tapsel guna memberi informasi terkait peristiwa itu.
 
Saat ini, katanya, pihak pemerintah tengah berupaya mencari solusi untuk mengatasi amblasnya tanah di lokasi itu. Sedangkan pihaknya, sudah memberikan tanda atau rambu untuk kendaraan yang melintas, agar tidak melalui akses Jalan yang amblas itu.
 
Pihaknya juga menghimbau ke masyarakat agar tetap berhati-hati, mengingat lokasi Jalan yang rawan amblas. Dedi menyebut, bahwa tidak ada korban dalam insiden tersebut.
 
“Kini, berangsur-angsur sepeda motor bisa melalui Jalan di lokasi. Namun untuk mobil belum dapat melalui jalan tersebut,” terang Bhabinkamtibmas menutup.
 
Tampak hadir, Babinsa Koramil 19/Siais Praka Dedi Prasetio, Kasi Pemerintahan Kantor Camat Angkola Selatan Sabban Y Siregar, Lurah Tapian Nauli S Telambanua, dan masyarakat setempat.