TOBA -Masyarakat dan Pemerhati Pembangunan Toba apresiasi dan puji kinerja Polres Toba dan Jajarannya Atas kinerja dan keberhasilan Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K dalam keberhasilan gerak cepatnya memimpin personil jajarannya meringkus 6 orang tahanan Polres Toba yang sempat berhasil kabur dan melarikan diri dari Ruang Tahanan Polri (RTP) Polres Toba.
 
Dengan tempo waktu 5 hari pengejaran dan pencarian berhasil meringkus ke Enam tersangka.atas keberhasilan dan suksesnya Kapolres Toba dan jajarannya meringkus ke Enam tahanan yang kabur di respon warga dan kalangan pemerhati pembangunan di Toba dengan berbagai komentar pujian serta ucapan rasa salut dan bangga atas kepemimpinan Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K.

Seperti disampaikan Ir. Sahat Butarbutar Ketua DPD GEMPITA Toba yang juga sebagai Ketua LBH Laskar Merah Putih Kab Toba dalam bincang bincangnya dengan www.gosumut.com Selasa, (22/11/2022) menyampaikan,

"Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K dan jajarannya dengan gerak cepatnya hanya dalam waktu 5 hari kerja telah berhasil dengan sukses meringkus kembali Enam tahanan yang kabur dari sel RTP Mako Polres Toba di beberapa hari lalu tepatnya Selasa subuh, 15/11/2022 sekira pukul 03.15 Wib.

Ir.Sahat Menyebutkan, Dengan kepiawaian serta kebijaksanaan yang brilian dari Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Tahyeb, S.I.K, S.H dalam memimpin jajaran bawahannya dalam upaya pengejaran ke Enam tersangka yang kabur, dengan tidak memakan waktu lama langsung bergerak cepat dengan garis komando yang tegas dan humanis kepada seluruh jajarannya.

"Tidak terlepas dengan cara Kapolres Toba yang elegan dalam mendekati serta berkomunikasi terbuka dengan berbagai kalangan elemen di masyarakat untuk pemberian informasi kepada pihak Kepolisian yang menyampaikan "apabila mengetahui keberadaan para tersangka yang melarikan diri untuk memberikan informasi ke pihak kepolisian dan swmua informasi dan kerahasian kaamanan yang memberikan informasi dijamin Polres Toba keamanannya".

Dngan jalinan hubungan kedekatan dan komunikasi tang baik dsngan berbagai kalangan elemen di masyarakat akhirnya membuahkan hasil dan ke Enam tahanan Polres Toba yang sempat kabur melarikan diri dari RTP Mako Polres Toba akhirnya berhasil di ringkus oleh team Opsnal Polres Toba dibantu dari Tim Mako Polda Sumut.

Diakui Ir.Sahat, AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.I.K,S.H dengan pengelamannya bertugas di beberapa unit kesatuan di Polri sebelum bertugas menakhodai Polres Toba telah memiliki segudang pengalaman dan kepiawaian khususnya selama bertugas di bagian Intel Polri. kita tidak meragukan lagi akan kwalitas dan kwantitas manajemen kepememimpinan beliau dalam memimpin jajaran personilnya khususnya dalam upaya pengejaran dan pencarian hingga menangkap ke Enam tahanan yang kabur melarikan diri dari RTP Mako Polres Toba.ini adalah prestasi yang sangat luar biasa yang patut kita apresiasi.ucap Sahat.

Dalam penuturannya kepada Gosumut.com Ir.Sahat Butarbutar mengisahkan sedikit kronologis kejadian pelarian ke Enam tersangka hingga tertangkap, ke 6 tahanan tersebut kabur pada hari Selasa, (15/11/2022) sekitar Pkl.03.15 Wib (subuh) di hari itu juga juga tepatnya Pkl.13.30 Wib, 4 orang langsung berhasil ditangkap, Dua diantaranya berhasil di tangkap di Porsea atas nama Rebana Mardova Lubis (kasus Pencurian) dan Monray Sibarani (Kasus Narkoba) dan 2 orang lainnya ditangkap dari desa Sitorang Kecamatan Silaen atas nama Dennis Grantikno Sibuea dan Jumadi Tambunan (keduanya kasus Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba). pada hari Kamis, (17/11/2022) Satu dari Dua sisa tahanan yang kabur kembali berhasil ditangkap atas nama Janter Hot Marihot Panggabean (kasus pencurian) ditangkap dari Kab Taput dan terakhir hari Sabtu, (19/11/2022) kembali Tim Opsnal Polres Toba berhasil menangkap Laurensus Sitorus tahanan terakhir yang kabur, ditangkap di Desa Pardamean Sibisa Kec.Ajibata sebelumnya di tahan atas perkara pidana pencurian (Psl 363 KUHP).dengan tertangkapnya Laurensus Sitorus adalah tangkapan terakhir dari 6 orang tahanan yang kabur.beber Ir.Sahat.

Atas keberhasilan ini Polres Toba telah bekerja dengan Profesional, bergerak cepat dan tepat serta bekerja dengan sangat terukur. Inilah yang kami acungkan jempol dan memberikan Apresiasi yang tinggi untuk kinerja bapak Kapolres Toba.

Secara pribadi disaat saya berkunjung di beberapa desa di Kab.Toba,nama Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K mendapat respon postif serta pujian dan menjadi perbincangan.di sejumlah masyarakat dari berbagai tempat/desa di beberapa hari terakhir ini selalu menjadi bahan dan topik pembicaraan dan diskusi oleh berbagai kalangan masyarakat di berbagai desa terkait keberhasilan penangkapan tahanan yang kabur hanya dalam waktu 5 hari.

Ditambahkn Sahat, Dalam setiap diskusi dan perbincangan warga desa rata rata warga memuji dan salut atas kinerja Kapolres Toba dan jajarannya yang sudah bekerja dengan baik dan profesional.disamping itu diakui warga desa Kapolres Toba dalam upaya pendekatannya kepada masyarakat desa diakui oleh warga sangat humanis dan merasa sangat dekat dan terlindungi.

Maka dengan itu, ijinkan kami memberikan apresiasi dan penghormatan yang tinggi atas kinerja Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.I.K,S.H.

"Terimakasih bapak Kapolrss Toba dan jajaran secara khusus terimakasih kepada bapak Kapolri dan Kapolda Sumut yang telah menempatkan AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb menjadi Kapolres di Toba menjadi pelindung dan pengayom bagi kami warga Toba yang telah dengan nyata bekerja dengan hati yang tulus. Kami masyarakat Toba sangat membutuhkan Polri seperti sosok Kapolres Toba saat ini untuk keamanan dan kenyamanan kami. Semoga Polres Toba/POLRI semakain jaya dan bapak Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K tetap sehat dan ditambahkan Tuhan Hikmah dan Kebijaksanaan yang dari pada Nya kepada bapak Kapolres," pungkas Ir.Sahat Butarbutar.