PALAS - Plt Bupati Padanglawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt. MM.MSi bersama Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sumut, Harun Mustopa Nasution,meninjau lokasi pembangunan SMK Batang Lubu Sutam. Rencana pembangunan SMK tersebut berlokasi di Desa Botung,Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Palas.

Harun Mustopa Nasution mengatakan, pembangunan SMK Batang Lubu Sutam ini terlaksana atas gagasan masyarakat yang didukung pemerintah daerah yang aspirasinya disampaikan langsung ke pemerintah Provinsi Sumut.

"Kabupaten Palas daerah pemilihan Dapil VII merupakan dapil saya, tentu keinginan masyarakat di dukung pemerintah Kabupaten Palas agar membangun SMK disini," katanya, Rabu (16/11/2022).

Kata Harun, setelah menerima usulan dari masyarakat yang didukung pemerintah daerah setempat.Usulan yang diajukan terus dikawal agar aspirasi ini mendapat perhatian Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

"Alhamdulillah tahun ini pembangunannya akan dimulai sehingga masyarakat akan lebih maju dalam pendidikan dan dapat sejajar dengan daerah lain," ujarnya.

"Pembangunan SMK ini, saya usulkan dan telah terealisasi bukan pertama di Kabupaten Palas saja tetapi ada  beberapa SMK yang telah lebih dulu terlaksana di Kabupaten Mandailing Natal (Madina)," ujarnya.

Sementara Plt. Bupati Padanglawas, mengapresiasi Gubernur Sumatera Utara dan Wakil Ketua I DPRD Provsu atas terealisasinya pembangunan SMK di wilayah Batang Lubu Sutam ini.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Palas terkhusus warga Batang Lubu Sutam  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara, Bapak Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sumatera Utara,Bapak Harun Mustopa Nasution atas dibangunnya SMK  pada tahun ini," ujarnya.

Menurut Plt Bupati, kehadiran SMK ini tentu akan banyak membawa dampak positif bagi masyarakat. Sesuai dengan tujuan pemerintah untuk  mendorong kemampuan masyarakat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat.

Ia mengimbau, pemerintah Kecamatan dan Desa serta segenap unsur masyarakat agar bahu membahu mendukung pembangunan ini sehingga dapat terlaksana sesuai dengan rencana.

Sebelumnya, Kacabdis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara UPT Gunungtua Hendra Saputra.MM menjelaskan, lahan pertapakan SMK Batang lubu Sutam seluas ± 2 Ha merupakan hibah masyarakat.

Untuk tahap awal tahun 2022, katanya sesuai anggaran akan dibangun 3 ruang kelas dan 1 ruang kantor yang nantinya pembangunan ini akan berlanjut sejalan dengan perkembangan dan jumlah siswa.

Ia juga menambahkan, pembangunan SMK ini merupakan program Gubernur Sumatera Utara membuat 1 SMK disetiap 1 Kecamatan.

"Kebetulan Batang Lubu Sutam adalah termasuk daerah pedalaman dengan jarak ± 25 KM dari SMK terdekat yaitu SMK Sosa, maka anak anak yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SLTA akan menempuh perjananan 25 KM sekali jalan ke sekolah memerlukan biaya yang tidak sedikit," terangnya.

Lanjut Hendra Saputra,dengan dibangunnya SMK ini tentu akan mengurangi beban orang tua dari segi biaya serta meningkatkan semangat orang tua untuk menyekolahkan anak anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi sehingga pemerataan pendidikan di Provinsi Sumatera Utara dapat terlaksana.

Dikesempatan itu, salah seorang warga Batang Lubu Sutam, Sahwan Nasution menuturkan, masyarakat di wilayah ini sangat bersyukur dibangunnya SMK Batang Lubu Sutam.

"Saya merupakan penggagas agar berdirinya SMK disini dan mendapat dukungan  masyarakat Batang Lubu Sutam," ungkapnya.

Ia menambahkan, selama ini anak anak dari Batang Lubu Sutam yang akan melanjutkan pendidikan ketingkat SLTA harus ke Pasar Ujung Batu Sosa ataupun Sibuhuan.

"Kalau saya beri anak saya uang Rp 150 ribu perminggu masih kurang. Harus Rp 250 ribu perminggu. Jadi kalau ekonomi di bawah saya tentu tidak akan dapat menyekolahkan anaknya ke tingkat SLTA," bebernya.

Dengan dibangunnya SMK di wilayah Batang Lubu Sutam ini, akan memberikan kemudahan dan dapat meringankan beban biaya untuk keperluan pendidikan.Adanya SMK disini tentu animo masyarakat sangat antusias untuk menyekolah anaknya kejenjang tingkat SLTA, tutup Sahwan Nasution