SERGAI - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya melaksanakan rangkaian kegiatan panjang bertajuk “roadshow” di Kecamatan Pegajahan, hari ini, Jumat (11/10/2022). Kegiatan dimulai di SMPN 1 Pegajahan. Pada kesempatan ini, Bupati Sergai bersilaturahmi dengan para orang tua dan ratusan pelajar sekaligus menyosialisasikan beberapa tema terkait penyalahgunaan narkoba, perkawinan usia dini, dan isu kesehatan.

Dalam sambutannya, Darma Wijaya menekankan pentingnya pengawasan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak. Menurutnya, kontrol orang tua akan berperan penting untuk menghindarkan generasi muda dari narkoba dan pergaulan yang keliru.

“Saya berpesan supaya pergaulan anak kita benar-benar dijaga. Jangan sampai salah arah, hingga bisa berdampak negatif. Dampak negatif tersebut misalnya saja pernikahan dini. Ketidaksiapan menjadi orang tua bisa berakibat pada masalah kesehatan dan mental, tidak hanya bagi pelaku nikah dini, namun juga bagi calon anak yang sangat rawan stunting,” ujarnya.

Selain itu, di kesempatan ini dirinya juga mengingatkan agar orang tua dan siswa tidak langsung bersikap reaktif terhadap sikap tegas guru dalam kegiatan belajar mengajar. Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati, berpendapat jika ketegasan seorang guru merupakan bentuk perhatian dan pembinaan yang sesekali perlu dilakukan.

“Guru bersikap tegas, misalnya dengan menegur siswa yang berbuat keliru, itu maksudnya supaya anak-anak bisa disiplin dan punya karakter bagus,” katanya lagi.

Pada sosialisasi ini, Bupati juga mengingatkan bahaya penyalahgunaan narkoba dan ketergantungan berlebih pada gawai di kalangan siswa.

Roadshow kemudian berlanjut ke sentra UMKM pembuatan gula merah dari nira sawit di Desa Pegajahan. Momen ini mendapat apresiasi baik dari warga yang menggeluti produksi gula merah nira sawit, salah satunya Matra. Ia berujar, kehadiran Bupati menjadi kesempatan bagi dirinya dan beberapa produsen gula merah untuk menyampaikan aspirasi kepada orang nomor satu di Kabupaten Sergai itu.

“Kami tadi menyampaikan unek-unek terkait pemasaran dan harga jual produksi gula merah nira sawit kepada Pak Bupati,” katanya.

Usai dari lokasi tersebut, Wiwik kemudian beranjak menuju Kantor Desa Pegajahan untuk bertemu dengan para warga lansia. Para lansia ini baru saja mendapat pemeriksaan kesehatan jemput bola gratis dari petugas Unit Pelayanan Terpadu Desa (UPTD) Puskesmas Pegajahan.

Roadshow dilanjutkan ke kios pupuk kelompok tani (Poktan) Karya Bakti, di Dusun I Desa Pegajahan, Masjid Taqwa Dusun II Desa Pegajahan.

Rangkaian panjang roadshow Bupati Sergai diakhiri dengan pertandingan persahabatan sepak bola yang mempertemukan antara tim yang diisi para Kepala Desa melawan tenaga pendidik se-Kecamatan Pegajahan.