PALAS -Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Padanglawas (Palas) bersama Komisariat STAI-Barumun Raya Sibuhuan dan Syariah Palas menggelar pelatihan kader dasar (PKD), di Aula Pondok Pesantren Syakira Desa Janjilobi, Kecamatan Barumun, Senin (7/11/2022).
 
Kegiatan Pelatihan Kader Dasar ini mengusung tema, "Aktualisasi Gerakan Kader Mujahid" dalam upaya merawat peradaban manifestasi sebagai nilai dasar pergerakan (NDP) PMII.

Ketua Cabang PMII Palas, Rahmat Ibrahim Hasibuan di dampingi Ketua Komisariat STAI-Barumun Raya Sibuhuan dan Ketua Komisariat Syariah mengatakan, proses PKD ini sebagai gerbang pertama untuk masuk menjadi bekal dan bagian keluarga PMII.

Kata Rahmat, kegiatan ini juga melatih manajemen organisasi, leadership dan juga nilai -nilai perjuangan Nahdlatul Ulama (NU) kepada peserta dan tentang PMII.

"Pelatihan ini juga sebagai dasar pembekalan yang diberikan melalui materi-materi kepada para peserta mengenai PMII," ungkapnya.

Dikatakan, PMII adalah organisasi yang konsisten, dan PMII sudah 61 tahun dalam melakukan kaderisasi. Dan ini sudah menjadi tanggung jawab turun menurun pengurus PMII untuk melakukan kaderisasi merekrut mahasiswa baru untuk bergabung di PMII.

"Besar harapan kepada semua kaderisasi agar dapat konsisten dalam melakukan pengawalan, dan tidak hanya satu kali dalam satu periode, agar anggota baru bisa istiqomah dan konsisten berproses di PMII sampai selesai menempuh pendidikan," ucap Rahmat.

Kegiatan itu di ikuti peserta dari Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya Sibuhuan (STAIBR) Sibuhuan.

Hadir dikegiatan tersebut, Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSi, Kakan Kemenag Palas, H. Abdul Manan, MA dan Sekretaris Dinas Pendidikan M. Syahdin Daulay S.Pd MM.

Sekretaris PC NU H.Sanusi Daulay S.Pd, Ketua Majelis Pembina Cabang Ikhsanul Nasir Hasibuan S.Ag.MM. IKA PMII Palas, Arpanul Hakim Daulay, S.PdI, Ketua GP Ansor Salman Siregar, Demisioner Ketua Pengurus Koordinator Cabang Sumatera Utara (PKC) PMII, Drs. Ali Mansyur Lubis.