PALAS- Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi membuka turnamen Forseb Barumun Selatan Cup I dilapangan hijau sepakbola Pagur Satio, Kecamatan Barumun Selatan.
 
Pertandingan diawali tim SKPD dan Tim Kepala Desa dengan skor 2:1 dimenangkan tim SKPD yang terlibat langsung sebagai streker Plt Bupati Palas yang membaur bersama pimpinan OPD jajaran Pemkab Palas.

"Turnamen sepakbola harus menjunjung tinggi sportivitas karena sebuah kompetesi dikatakan sukses tanpa ada zero insiden," kata Plt Bupati dihadapan 35 tim sepakabola yang ikut dalam turmanen Forseb Barumun Selatan, Senin (7/11/2022).

Ia juga mengingatkan, kepada wasit yang memimpin pertandingan sepekabola memberikan rasa aman nyaman bagi pemain sepakbola dengan bersikap profesional dalam tugas sebagai wasit.

"Saya menyakini para wasit yang memimpin pertandingan telah memiliki sertifikat sehingga tidak diragukan lagi dapat menjaga kenyaman dalam turnamen ini sesuai yang diharapkan," harap Plt Bupati.

Selainnitu, Plt Bupati juga meminta masyarakat Barumun Selatan ikut berperan menjaga kenyamanan dan ketertban turnamen dengan tidak mencedarai turnamen sepakbola yang disponsori para kepala desa se Kecamatan Barumun Selatan ini.

Ditambahkan, kegiatan turnamen terselenggara atas prakarsa para kepala desa yang saling bahu membahu bersama masyarakat untuk memasyrakatkan olahraga dengan menggelar kompetisi sepakbola yang diikuti utusan dari 17 kecamatan se Palas.

Sebelumnya Tokoh Masyarakat Palas, Basyrah Lubis yang juga Bupati pertama Kabupaten Palas mengajak, elemen masyarakat untuk mendukung program pemerintah yang dipimpin Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi.

"Dengan adanya turnamen Forseb Barsel Cup I memperebutkan Tropi Kepala Desa se Kecamatan Barumun Selatan, mari kita junjung tinggi sportvitas untuk kekondusifan bersama," harapnya.

Ia juga berharap, mari kiat dukung program kerja Plt Bupati untuk melanjutkan program pembangunan di Kabupaten Palas mewujudkan Kabupaten Palas Bercahaya.

"Kecamatan Barumun Selatan sudah beruasi 11 tahun dimekarkan dari Kecamatan induk Barumun sehingga harus maju dan berkembang dalam berbagai lini sektor pembangunan baik pembangunan SDM dan pemerintahan," imbuhnya.

"Mari kita buang unek-unek yang ada didalam hati kita masing-masing dan berkomitmen mendukung program pemerintah untuk kemajuan," pintanya kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Forseb Barumun Selatan yang juga mewakili Kepala Desa, Tongku Kahar Hasibuan menyampaikan, turnamen sepak bola Forseb Barsel Cup I tahun 2022 diselenggarakan untuk mengapresiasi minat para pemuda di kecamatan Barumun Selatan ini.

Selain itu, memasyarakatkan olahraga sepak bola, karena sebagimana yang kita ketahui bahwa di Kecamatan Barumun Selatan banyak bakat dan minat pemuda dalam bidang sepak bola.

"Turnamen sepakbola ini diikuti 35 Tim dari 11 Kecamatan yang ikut dalam kompetisi Forseb Barumun Selatan Cup I," terangnya.

Adapun Kecamatan yang ikut berpartisipasi, Kecamatan Barumun Selatan 8 Tim, Kecamatan Ulu Barumun 2 Tim, Kecamatan Lubuk Barumun 5 Tim, Kecamatan Ulu Sosa 4 Tim, dan Kecamatan Sosa Julu 1 Tim.

Selanjutnya, Kecamatan Sosa 2 Tim, Kecamatan Batang Lubu Sutam 1 Tim, Kecamatan Aek Nabara Barumun 1 Tim, Kecamatan Barumun Baru 4 Tim, Kecamatan Barumun 6 Tim dan Kecamatan Huta Raja Tinggi 1 Tim.

"Dengan total keseluruhan tim yang ikut dalam kompetisi imi berjumlah 35 tim sepakbola," tambahnya.

Tongku Kahar menjelaskan, Panitia Turnamen Sepak Bola Forseb Barsel Cup 1 2022 memperebutkan Hadiah untuk juara I uang pembinaan sebesar Rp 10 juta ditambah tropi, juara II sebesar Rp 7 juta ditambah tropi dan juara III, sebesar Rp 4 juta ditambah tropi, juara IV uang pembinaan sebesar Rp 2 juta ditambah tropi.

Selain itu bagi Top Score uang pembinaan Rp.500.000 dan Tim Terbaik uang pembinaan Rp. 500.000.

"Pelaksanan Turnamen sepakbola ini diperkirakan selesai selama 42 Hari dengan jadwal Babak Penyisihan Grup 30 Hari, Babak 16 Besar 4 Hari, Babak 8 Besar 4 Hari, Semi Final 2 Hari, Perebutan Peringkat ke-3 dan Final 2 Hari," pungkasnya.

Kami atas nama Panitia Forseb Barumun Selatan dan Kepala Desa se Kecamatan Barumun Selatan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi yang bersedia membuka dengan resmi kegiatan turnamen ini.