PALAS -  Peserta didik SDN 0104 Sibuhuan Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) mengikuti ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Pelaksanaan ujian ANBK dibagi dua gelombang yang diikuti sebanyak 45 siswa kelas V.

Kepala Sekolah SDN 0104 Sibuhuan, Asran Hasibuan.S.Ag menjelaskan, ujian ANBK ini merupakan program penilaian terhadap mutu kualitas di setiap satuan pendidikan.

"Sebelum pelaksanaan ujian ANBK, seluruh siswa kelas V,telah mengikuti pelatihan atau tambahan seminggu dua kali. Dan pada saat jam pelajaran juga diadakan pelajaran komputer," terangnya, Minggu (6/11/2022).

Dengan adanya pelatihan tambahan pelajaran komputer,lanjutnya para siswa dapat mengoperasikan komputer dengan baik sehingga dapat dengan mudah mengikuti kegiatan ujian ANBK tersebut.

"Berkat adanya bimbingan para guru,diyakini para siswa yang mengikuti ujian ANBK akan mendapat nilai standar minimal.Bahkan bisa melebihi dari standar,"ucapnya.

Ia menambahkan, untuk menentukan pencapaian nilai standar minimal bagi setiap peserta yang ikut ujian ANBK menjadi kewenangan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palaa,Hj Rosida Wati Suriani.S.Pd melalui Sekretaris,M.Syahdin Daulay didampingi Kabid Dikdas, Ahmad Damhuri Hasibuan.SE mengatakan, kegiatan Asesmen Nasional ini merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Mendikbud RI untuk meningkatkan mutu pendidikan  dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. 

Sedangkan Asesmen Nasional yang dilaksanakan dengan 3 instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum, (AKM Literasi, Nunerasi)  Survery Karekter dan Survey Lingkungan Belajar,katanya.

Damhuri menjelaskan,tujuan ujian ANBK ini  untuk  mendapatkan informasi mengenai perbaikan kualitas belajar mengajar di sekolah sekaligus untuk  meningkatkan hasil belajar siswa.

"Melalui kegiatan ujian ANBK ini,kita dapat 
mengetahui literasi membaca para peserta,"ujarnya.

Kata Damhuri, dengan asesmen nasional ini,akan terlihat sejauh mana para siswa dapat memahami, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan materi ujian. 

Menurutnya, adanya pelaksanaan ujian ANBK akan bisa diketahui penilaian terhadap mutu sekolah di setiap satuan pendidikan sehingga menjadi bahan evaluasi dalam upaya memperbaiki kualitas sekolah. 

Sejauh mana perkembangan  mutu sekolah dari waktu ke waktu dapat terpantau untuk pengembangan kompetensi dan karakter siswa.

Dengan demikian, tambahnya dapat memberikan suatu gambaran tentang karakteristik di satuan pendidikan yang efektif.