MEMANG tidak bisa dipungkiri, setiap pelaku usaha sudah tentu mengalami berbagai masalah terkait dampak wabah covid yang melanda selama dua tahun lebih. Mulai dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, apalagi pengusaha level atas, semua tak luput dari hempasan badai ekstrim bernama Covid-19 ini. Memasuki awal perbaikan ekonomi saat ini, terlihat beberapa pelaku usaha mulai menggeliat perlahan. Ada yang memulai dari awal dengan bisnis serupa, bahkan ada juga yang beralih mencoba peruntungan dengan pilihan bisnis baru.

Membaca situasi saat ini, TBK Inti Jaya Baking, yang menjual aneka bahan olahan pembuatan kue dan aneka jenis resep menu masakan, membuka peluang bisnis yang akan membangun kembali semangat para pemula atau yang ingin mengembangkan sayap bisnis lebih luas terutama di bidang kuliner agar bisa bangkit lagi.

Hal ini sebenarnya sudah diwujudkan sejak tahun 2019, dengan dibukanya baking class pembuatan aneka menu bakery, makanan, minuman, ada juga masakan seperti dimsum dan menu masakan lainnya. Kegiatan pelatihan ini sempat terhenti selama lebih dua tahun disebabkan serangan wabah Covid-19.

Menurut Dea, selaku PIC, untuk kegiatan pelatihan ini mereka biasanya bekerjasama dengan berbagai pihak sebagai sponsor yang ingin mempromosikan produknya.

Sedang untuk peserta, kebanyakan peminatnya dari kalangan ibu rumah tangga, termasuk juga mahasiswa yang ingin mandiri dan memiliki penghasilan sendiri.

Menurut Endang, peserta yang baru pertama kali mengikuti pelatihan baking class, di TBK Inti Jaya Baking, banyak manfaat yang didapat dari pelatihan ini.

“Saya pribadi merasa pelatihan ini sangat bermanfaat, apalagi saya sebagai pemula yang ingin memulai usaha dari rumah. Karna pelatihan ini diadakan secara off line dengan bertatap muka langsung, maka ini jadi sangat mudah kita mengikuti tahap demi tahap apa yang diajarkan chef dengan bahan-bahan yang langsung bisa dilihat dan langsung bisa dirasakan hasil olahannya,” kata Endang yang menegaskan agar tak lupa menghitung berapa modal yang dibutuhkan untuk menentukan harga jualnya nanti.

Karena bahannya berkualitas dan termasuk kelas premium, kata Endang, maka kita juga jangan salah menghitung modal awal supaya tidak rugi.
Agar kegiatan pelatihan lebih fokus, maka jumlah pesertanyapun dibatasi dari 10-15 orang saja dalam satu kelas dan pastinya dengan tarif terjangkau dan sesuai dengan nilai bahan yang dibutuhkan.

Peluang Bisnis

Untuk hasil maksimal dan profesional, pihak penyelenggara tidak sembarangan memilih pemateri.

“Biasanya kita mengundang chef yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi, didukung pihak sponsor yang menyajikan bahan-bahan berkualitas,” ujar Dea yang berharap kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan setiap bulan dan membawa manfaat positif dan menginspirasi.

“Diharapkan kegiatan pelatihan ini dapat membangun semangat serta mendorong kreatifitas anak muda dan terutama ibu-ibu rumah tangga agar bisa membangun bisnis masing-masing dan terus berkarya,” terang Dea di sela-sela kegiatan pelatihan yang berlangsung pada akhir Oktober lalu di kantor Inti Jaya Baking, Jalan ML Tobing 66A Medan.