LHOKSEUMAWE – Sedikitnya 65 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tersebar di empat kecamatan di Lhokseumawe dengan menggeluti berbagai produk unggulan akan meramaikan ahad festival yang digelar oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Lhokseumawe. Pagelaran ahad festival itu dipusatkan di Jalan T Hamzah Bendahara komplek museum pusat Kota Lhokseumawe yang akan dibuka langsung oleh Pj Walikota Lhokseumawe Dr.Drs Imran, Msi,MA, Cd pada hari Ahad, 6 November 2022 mendatang.
 
Kadisperindagkop Kota Lhokseumawe Muhammad Rizal,Msi, Kamis (3/11/2022) mengatakan berbagai jenis produk unggulan akan ditampilkan diarena ahad festival. “Hingga saat ini sudah ada sebanyak 65 UMKM yang tersebar di empat kecamatan diwilayah Lhokseumawe dengan memproduksi berbagai produk unggulan akan ditampilkan dan tentunya ditawarkan kepada para pengunjung yang hadir,” ungkapnya.
 
Event ini, urainya, sekaligus sebagai ajang promosi bagi para pelaku UMKM di Lhokseumawe dan diharapkan akan terjadi kontrak bisnis yang saling menguntungkan. “Apalagi di Lhokseumawe cukup banyak tersebar usaha ritel dari mulai kelas menengah sampai atas, oleh karena itu para UMKM sudah dipastikan akan melakukan berbagai keemasan terhadap produk unggulan yang layak untuk dipasarkan,” sebutnya.
 
Dalam pertemuan rapat persiapan gelaran event ahad festival yang turut dihadiri Sekda Kota Lhokseumawe T Adnan,SE serta para asisten dan staf ahli itu, Muhammad Rizal menjelaskan event ini selain akan memamerkan berbagai jenis produk unggulan karya UMKM Lhokseumawe, juga akan ditampilkan senam pagi bersama, tarian Aceh serta lomba mewarnai.
 
Dirinya sangat yakin, bahwa gelaran ahad festival itu akan mendapat sambutan positif dari warga masyarakat Lhokseumawe dan sekitarnya. “Karena selain sebagai ajang promosi berbagai jenis produk unggulan Lhokseumawe sekaligus sebagai daya tarik wisatawan yang berkunjung ke kota eks petro dollar Lhokseumawe,” katanya.
 
Kegiatan ahad festival, kata Muhammad Rizal, tidak hanya terfokus di Kecamatan Banda Sakti, tapi setiap minggu kegiatan yang sama akan dilakukan. “Sistemnya berpindah-pindah, untuk tahap awal ini kegiatan kita pusatkan di Kecamatan Banda Sakti, bisa jadi ahad depan pindah ke kecamatan lainnya,” jelasnya,
 
Selain itu, urai Muhammad Rizal, program ahad festival dirangkai dengan kegiatan car free day disepanjang jalan T Hamzah Bendahara mulai pukul 07.00 Wib s/d 12.00 Wib, diharapkan warga masyarakat memanfaatkan momen tersebut.