TOBA - PT Inalum (Persero) bekerjasama Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) menyalurkan beasiswa bagi 672 pelajar dari beberapa Kabupaten se-kawasan Danau Toba. Beasiswa ini diserahkan Vice President CSR PKBL PLTA Inalum, Zainuddin Iqbal Sidabutar bertepatan pada peringatan Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022, Jumat (28/10/2022) di Pantai Pasir Putih (Pasput) Pasifik Desa Patane IV Kecamatan Porsea Kabupaten Toba, Sumatera Utara.
 
Dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (2/11/2022), Zainuddin menyebutkan pemberian beasiswa ini sebagai komitmen perusahaan dalam bidang sosial pada bidang pendidikan untuk upaya meningkatkan sumber daya manusia yang unggul serta upaya mencerdaskan generasi muda bangsa khususnya di kawasan Danau Toba.
 
"Program sosial pemberian bantuan beasiswa kepada sisa/i Pelajar SMA/SMK dan mahasiswa tersebut di luar dari beberapa program lainnya dari Perusahaan kepada Masyarakat Kabupaten se-kawasan Danau Toba," sebutnya. 
 
Kali ini sebutnya, perusahaan memberikan beaasiswa bagi 546 pelajar SMA/SMK dan 126 orang mahasiswa. Untuk siswa SMA/SMK per orang diberikan sebesar Rp 500 ribu dan untuk mahasiswa Rp 1 juta.
 
Menyikapi hal ini, Ketua Umum KMDT Edison Manurung menyampaikan terima kasih kepada PT Inalum atas dukungan dan kepeduliannya kepada pelajar se kawasan Danau Toba.
 
"Kegiatan ini sebagai wujud langkah mendukung visi misi KMDT melakukan upaya percepatan wisata Danau Toba mendunia dan SDM unggul dan sebagai salah satu penghubung kemitraan masyarakat Danau Toba dalam upaya pengembangan dan pembangunan Destinasi Pariwisata Danau Toba sebagai salah satu program pembangunan pariwisata super prioritas Nasional,” ujarnya. 
 
Turut dalam penyerahan bantuan beasiswa ini di antaranya; Bupati Toba diwakili Sekda Drs. Augus Sitorus, Bupati Taput diwakili Jonner Simanjuntak Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Kab Taput), Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb, Kepala BNNK Siantar Dr.Tuankus Harianja MM, Kepala BNNK Simalungun, AKBP Suhana Sinaga, Asisten 1 Eston Sihotang.