TOBA -KMDT (Komite Masyarakat Danau Toba) menggelar upacara Pringatan Sumpah Pemuda Ke-94 tahun 2022, Rabu, (28 Oktober 2022) di lokasi wisata Pantai Pasir Putih (Pasput) Pasifik desa Patane IV Kec.Porsea Kab.Toba, Sumut.
 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K dengan Komandan Upacara Kasat Pol PP Pemkab Toba Harianto Butarbutar,SE.

Dalam amanahnya Kapolres Toba membacakan riwayat sejarah perjuangan Pemuda - Pemudi Indonesia dalam memperjuangkan Kemerdekaan NKRI dengan perjuangannya mempersatukan seluruh pemuda Indonesia diseluruh pelosok Nusantara untuk tetap bersatu dalam satu perjuangan mengaku Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia, Berbahasa Satu Bahasa Indonesia dan Berbangsa satu Bangsa Indonesia.

Usai memimpin upacara Kapolres Toba turun dari podium menyambangi seluruh peserta Upacara sembari mengucapkan salam dan bersalaman khususnya kepada para pelajar peserta upacara.

Kegiatan perayaan HUT Sumpah Pemuda ke -94 Tahun 2022 yang digelar di pantai Pasput Pasifik desa desa Patane IV dirangkai dengan acara penanda tanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Kepala BNN (K) P.Siantar dihadiri DR.Tuangkus Harianja,MM bersama Kepala BNN (K) Simalungun AKBP.Suhana Sinaga didampingi Ketua LAN Toba Wilson Napitupulu.

Penanda tanganan MoU tersebut sebagai bukti dan salah satu tanggung jawab KMDT dalam menyelamatkan kaum generasi muda bangsa dari bahaya peredaran dan penyalahgunaan Narkotika.MoU bentuk upaya kerja sama KMDT dengan BNN dalam upaya pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan Narkotika di sekawasan Danau Toba menuju destinasi Pariwisata Go Internasional.sebut Edison Manurung.

Acara juga sekaligus dirangkai dengan serah terima secara simbolis beasiswa kepada 672 orang warga pelajar SMA/SMK dan Mahasiswa/i warga masyarakt sekawasan Danau Toba yang diberikan oleh PT.INALUM Persero.

Edison Manurung selaku Ketua Umum KMDT juga menyebutkan, pemberian beasiswa kepada siswa/i SMK dan Mahasiswa sekawasan Danau Toba adalah sebagai wujud nyata dukungan dan kepedulian KMDT bekerja sama dengan PT.INALUM Persero kepada warga masyarakat pelajar sekawasan Danau Toba dalam upaya mencerdaskan kehidupan Bangsa dan Negara malalui kaum muda pelajar.tegas Edison Manurung.

Lanjutnya, Hadirnya KMDT melakukan upaya "Percepatan wisata Danau Toba mendunia dan SDM Unggul" juga sebagai salah satu penghubung kemitraan masyarakat Danau Toba dalam upaya pengembangan dan pembangunan Destinasi Pariwisata Danau Toba sebagaimana Danau Toba telah ditetapkan sebagai salah satu program pembangunan pariwisata super prioritas Nasionl oleh Pemerintah Pusat".sebutnya.

Ditegaskannya, dalam hal ini KMDT hadir juga sebagai penyambung atau penghubung Daerah ke Pemerintah Pusat mewakili masyarakat se kawasan Danau Toba dalam penyampaian aspirasi dan berbagai program pembangunan yang dibutuhkan di kawasan Destinasi Pariwisata Danau Toba.

Tak luput Edison menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT.INALUM Persero atas dukungan kepeduliannya bekerja sama dengan KMDT untuk memberikan beasiswa kepada warga masyarakat pelajar SMA/SMK dan Mahasiswa/i se kawasan Danau Toba.juga kepada Bupati Toba dan jajaran demikian juga kepada Kapolres Toba yang telah berkenan menjadi Inspektur upacara di peringatan HUT Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 yang digelar oleh KMDT di pantai Pasput Pasifik desa Patane IV Kec.Porsea.

Usai Upacara digelar acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan beasiswa kepada siswa/i SMA/SMK dan Mahasiswa se kawasan Danau Toba yang diberikan oleh PT.INALUM (Persero) bekerja sama dengan KMDT.

Vice President CSR PT INALUM (Persero) Zainuddin Iqbal Sidabutar menyebutkan, Beasiswa dari PT.INALUM (Persero) diberikan kepada 672 orang siswa/i SMA/SMK dan Mahasiswa/i warga masyarakat pelajar se Kawasan Danau Toba. untuk SMA/SMK Rp.500.000 dan untuk Mahasiswa/i Rp.1000.000.

Disebutkannya beasiswa diberikan secara simbolis kepada beberapa siswa/i perwakilan dari beberapa Kabupaten sekawasan Danau Toba.untuk yang lainnya sesuai data penerima beasiswa yang sudah didata oleh perusahaan akan ditransfer langsung melalui nomor rekening penerima beasiswa yang berjumlah 672 orang.sebutnya.

Sebelumnya disampaikan Zainuddin Iqbal Sidabutar, pemberian beasiswa sebagai komitmennya perusahaan dalam bidang sosial pendidikan dalam upaya meningkatkan sumber daya unggul serta upaya mencerdaskan generasi muda bangsa khususnya bagi masyarakat se kawasan Danau Toba.program ini di luar dari beberapa program lainnya dari perusahaan kepada Masyarakat dan lingkungan Kabupaten se kawasan Danau Toba.sebutnya.

Untuk pemberian beasiswa secara simbolis diserahkan mewakili jajaran Management PT.INALUM (Persero) Vice President CSR PT INALUM (Persero) Zainuddin Iqbal Sidabutar, Bupati Toba diwakili Sekda Drs.Augus Sitorus, Kacabdis SMA/SMK Balige Prop.Sumut Darwin Purba, mewakili Camat Edward Sidabutar Camat Porsea, Kepala UPT KPH Wil - IV Balige Leo Sitorus,S.Hut dan Ketua Umum KMDT Edison Manurung,S.H,MM.

Di penghujung acara Edison menyampaikan, dalam kehadiran dan keberadaan KMDT membawa Visi dan Misi Utama "Percepatan wisata Danau Toba mendunia dan SDM Unggul.

Para penerima beasiswa hari ini kedepan oleh KMDT mengangkat para siswa/i dan Mahasiswa/i penerima Beasiswa dari PT.INALUM (Persero) yang bekerja sama dengan KMDT menjadi Duta Pariwisata Danau Toba dan Duta Pelesatarian Lingkungan Hidup sekawasan Danau Toba.

Turut hadir mengikuti acara perayaan HUT Sumpah Pemuda yang digelar KMDT di Pantai Pasput desa Patane IV Kec.Porsea Sekda Kab Toba Drs.Augus Sitorus, Asisten 1 Eston Sihotang, Asisten 3 Verri Napitupulu dan beberapa Kepala OPD jajaran Pemkab Toba, Kepala BNN (K) Siantar DR.Tuangkus Harianja,MM, Kepala BNN (K) Simalungun AKBP.Suhana Sinaga, Kabag Tapem Saut MT Sihombing, Kacabdis SMA/SMK Balige Prov.Sumut Darwin Purba dan jajaran, Ketua KMDT Prop.Sumut, Camat Porsea Edward Sidabutar dan Kepala Desa Patane IV Ramot Sirait berikut dengan peserta upacara dari Siswa/i SMA/SMK dan Anggota Pramuka SMP serta beberapa undangn dari kelompok organisasi Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan lainnya berikut dihadiri perwakilan Management PT.INALUM Persero.