PALAS - Puluhan petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Padanglawas bersama Kelurahan Pasar Sibuhuan gelar Jumat Bersih dengan gotong royong bersihkan sampah buangan masyarakat, Jumat (28/10/2022). Petugas yang dikenal dengan pasukan kuning bersama warga melakukan pembersihan sampah di aliran sungai Sibuhuan dan beberapa lokasi di pusat ibukota Sibuhuan,Kelurahan Pasar Sibuhuan.

“Kegiatan gotong royong kebersihan yang dilakukan ini adalah untuk mencegah terjadinya banjir serta kesan kumuh akibat sampah buang masyarakat yang menumpuk di sekitar aliran sungai,"kata Kadis DLHK Kabupaten Palas,Ongku Bosar Daulay.S.Pd didampingi Kabid Persampahan Limba B3 dan Pengendalian Pencemaran,Rini Zulia Harahap.S.Sos.

Ongku mengatakan, kebersihan sampah ini sebagai antisipasi banjir dan terhindar dari kesan jorok sehingga menerjunkan petugas pasukan kuning untuk membersihkan sampah yang ada di dalam parit atau aliran sungai disekitar Kelurahan Pasar Sibuhuan.

“Ini dilakukan agar debit aliran air menjadi lancar dan tidak tersumbat oleh sampah. Sehingga saat hujan turun, air tidak sampai meluber kebadan jalan, karena paritnya sudah lancar,” ungkap Ongku.

Pihaknya, kata Ongku secara rutin membersihkan sampah di daerah yang rawan genangan air di beberapa wilayah, daerah yang sering terjadinya genangan air.

"Kegiatan gotong royong ini menjadi prioritas pihaknya sebagai tugas yang dilaksanakan secara ikhlas dan terus berkelanjutan disemua lokasi rawan sampah dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan seperti banjir dan kumuh," imbuhnya.

Kadis BLHK Palas mengimbau, seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai maupun di parit. Karena jika dilakukan, makan saluran air akan tersumbat dan dapat mengakibatkan banjir.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah memajangkan disetiap lokasi rawan sampah dengan plank tanda larangan membuang sampah disungai atau parit yang dapat menyumbat kelancaran aliran air karena sampah.

"Kami mohon kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di aliran sungai dan parit karena dapat menyebabkan parit tersumbat. Dan kami imbau juga untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan demi terciptanya kebersihan," pungkasnya.

Sebelumnya Lurah Pasar Sibuhuan, Indra Gumaya Hasibuan mengatakan, kegiatan gotong royong kebersihan ini sebagai bentuk kepedulian kebersihan inti kota sehingga wajah kota Sibuhuan bersih dari sampah.

"Kegiatan ini merupakan harga mati bagi petugas kebersihan tanpa mengenal lelah dan terus berjibaku melaksanakan pekerjaan bersama warga demi mewujudkan kebersihan dari kotoran sampah," terangnya.

Ia mengakui,aktifitas petugas kebersihan bersama warga terlihat antusias untuk kebersihan dari dengan melakukan pekerjaan dengan bergerak cepat menangani sampah yang berserakan di lokasi aliran sungai.

"Kegiatan kebersihan ini sebagai tugas mulia yang didasari dengan keikhlas untuk menjadikan wajah kota bersih dari sampah," ujar Indra Gumaya.

Indra Gumaya menambahkan, warga petugas kebersihan melakukan pembersihan dilokasi aliran sungai dan parit sebagai bentuk kepedulian agar bersih dari sampah.