PADANGSIDEMPUAN - Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH, MM melepas 25 ribu ekor bibit ikan mas dan ikan nila di kolam Desa Simirik, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadia pada Rabu, (26/10/2022). Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan ketentuan dari 20% Dana Desa adalah program ketahanan pangan.
 
"Dalam rangka menuju program pangan mandiri, kita, Kota Padang Sidempuan masih tergantung pada sektor pertanian, khususnya holtikultura yang menjadi komoditi kebutuhan kita sehari-hari," ucap Wali Kota Irsan.
 
Oleh karena itu, Irsan menyebutkan berbahagialah, karena Desa Simirik memilih budidaya ikan, karena ikan yang dikonsumsi di Padang Sidempuan, banyak dipasok dari luar daerah, jadi dengan dilakukannya budidaya ikan di Desa Simirik, akan berkurang ikan yang di pasok dari luar daerah.
 
Dalam kesempatan itu, Wali Kota Irsan juga berpesan agar 25 ribu ekor ikan yang disiapkan agar benar-benar dijaga budidaya nya agar berhasil dan berharap Desa Simirik menjadi satu desa percontohan dengan berbagai variatif inovasi yang ada desa.
 
"Seperti ketahanan pangan di bidang perikanan air tawar, bawang merah dan cabai merah," ucap Wali Kota Irsan
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Perdagangan dan Camat Padang Sidempuan Batunadua.