TOBA - Polres Toba bekerja sama dengan BPODT menggelar kegiatan Kepramukaan untuk tingkat pelajar penggalang penegak. Kegiatan Kepramukaan yang diikuti 412 orang peserta penggalang dan penegak dari 24 gugus se Kabupaten Toba di Toba Kaldera Resort Ajibata ini, mengusung tema "Napak tilas Kaldera Toba Kapolres Cup I Tahun 2022".
 
Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan melalui Kadiv Humas Anderson Situmorang, Rabu, (26/10/2022) menjelaskan, kegiatan Kepramukaan digelar sebagai ajang perlombaan keterampilan bagi anggota Pramuka di tingkat penggalang dan penegak (SMP/SMA).
 
Para peserta dilatih untuk mengetahui serta pemahaman penggunaan berbagai jenis dandi dan morse serta beberapa kegiatan yang berkaitan tentang kepramukaan.
 
Dalam kegiatan ini lanjutnya, BPODT mempersipakan lokasi kegiatan dan Polres Toba sebagai pembina menggelar berbagai lomba di antaranya lomba yel-yel Pramuka, dandi, morse, smaphore, tali-temali, keterampilan baris berbaris, mendirikan tenda serta berbagai pengetahuan umum kepramukaan lainnya.
 
Jimmy Bernando berharap, dengan ilmu yang didapat selama mengikuti kegiatan, keterampilan dan pengetahuan semua peserta bertambah meningkat dan semakin lebih baik serta bisa bermanfaat bagi peserta untuk diterapkan di lingkungan masing masing.
 
Sementara Kapolres Toba AKBP. Taufik Hidayat Thayeb dalam sambutan pada pembukaan pelaksanaan Kepramukaan itu mengucapkan terimakasih kepada BPODT yang telah berkenan menyediakan lokasi untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.
 
"Kepada adik-adik Pramuka yang hadir di kawasan lokasi Toba Kaldera Resort milik BPODT Sibisa Kec.Ajibata bisa menikmati keindahan alam lokasi Kaldera Toba Nomadic Escape ini dan nantinya bisa sambil bersua foto serta menguploadnya ke medsos masing-massing untukenunjukkan kepada Dunia betapa indah dan sejuknnya alam wisata Danau Toba yang kita miliki," pesannya.
 
Kegiatan kepramukaan ini lanjutnya, adalah bentuk perhatian Polri khususnya Polres Toba kepada kaum pelajar di Toba dalam bidang Kepramukaan sebagaimana Polri adalah bagian dari Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah). 
 
“Pramuka sebagaimana dengan logonya adalah Tunas Kelapa memiliki artiendalam bagi kita.artinya "adik-adik Pramuka harus bermanfaat bagi semua orang. Jadi saya berpesan dalam kegiatan dan pelatihan Pramuka ini kalian harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dan bisa mengambil solusi dan sikap dikala berkegiatan di alam sebagaimana Pramuka dalam sumpahnya "Cinta Alam dan Kasih Sayang terhadap sesama mahkluk hidup". Di waktu saya menjadi anggota Pramuka, saya ditempat dan dilatih untuk memiliki naluri intelegensi yang tinggi yang dapat dimanfaatkan di kemudian hari. Jadi selama kalian berlatih dan berada di lokasi Kaldera Toba Nomadic Escape on tolong jaga kebersihan disekitar Kaldera ini dan cintai alam dan sesama manusia,” pesannya Taufik Hidayat.
 
Turut hadir dalam acara ini, Bupati Toba Poltak Sitorus, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak, Assisten I Seketariat Kabupaten Toba Esron Sihotang, Plt.Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu dan Kepala Divisi Pariwisata Mancanegara BPODT.